0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Mudik, Ruas Tol Palikanci Bayar Satu Kali

merdeka.com

Jalan Tol

Timlo.net — Jasa Marga, untuk musim mudik tahun ini, menerapkan sistem pembayaran satu kali pada ruas tol Palimanan-Kanci (Palikanci). Sebelumnya, pembayaran pada ruas tol sepanjang 26,5 kilometer itu dua kali yakni di pintu tol Plumbon dan Ciperna.

Sistem ini sudah diterapkan PT Jasa Marga, selaku pengelola Tol Palikanci, sejak tujuh hari sebelum Lebaran (H-7). Direktur Operasi Jasa Marga Christianto Prihambodo menyebut, meski bayar sekali, harga yang ditetapkan sama namun ditambah diskon 35 persen.

“Sistem tanpa tarif pada satu gerbang tol dari arah Jakarta ke Cirebon. Pengguna baru membayar atau melakukan transaksi setelah berada di Ciperna. Biasanya dua tahap, yakni di Plumbon dan Ciperna,” kata Christianto di Jakarta, Minggu (12/7).

Pembukaan sistem bayar sekali, juga didorong hadirnya Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 116 km yang dikelola PT Lintas Marga Sedaya (LMS). Untuk itu, kelancaran mudik tahun ini juga tergantung kecepatan transaksi di tol terpanjang itu.

“Tinggal kemampuan transaksi di Gerbang Cikopo dan Gerbang Palimanan. Kemampuan di sana bagaimana kecepatannya untuk transaksi jalan,” terangnya.

Menurut dia, dalam musim mudik ini arus kendaraan tidak akan dibebankan seluruhnya ke Tol Cipali. Petugas kepolisian bakal mengalihkan arus lalu lintas jika dirasa terjadi kelebihan kapasitas.

“Saya dengar sudah dialihkan. Karena tidak mungkin semuanya dialihkan ke Cipali,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pada H-7 lalu atau per 10 Juli 2015, rata-rata kendaraan melewati ruas Tol Palikanci mencapai 30.825 kendaraan. Dibanding tahun lalu, ini terjadi peningkatan sekitar 2.000 kendaraan dari 27.440 kendaraan.

Maka dari itu. pihaknya memprediksi puncak arus mudik yang melintasi Tol Palikanci terjadi pada H-2 atau 14 Juli 2015. Diperkirakan mencapai 99.528 kendaraan.

[bim]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge