0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kekeringan Melanda Kawasan Boyolali Utara

Tak Layak Konsumsi, Air Sumber Pancur Jadi Andalan Warga

timlo.net/nanin

Warga di dua dusun di Desa Karangjati, Wonosegoro, rela mengambil air di Sumber Kali Pancur

Boyolali — Krisis air bersih yang melanda wilayah Boyolali Utara, membuat warga nekat mengkonsumsi air yang tidak layak. Seperti di Desa Karangjati, Wonosegoro, sebanyak 400 kepala keluarga terpaksa memaanfaatkan air dari sumber Kali Pancur yang airnya keruh dan berwarga merah bercampur dengan tanah.

Sumber Kali Pancur sendiri berada di pinggir ladang penduduk. Untuk menuju ke Kali Pancur, hanya bisa dilakukan dengan jalan kaki. Jarak Kali Pancur dengan pemukiman warga sejauh dua kilometer. Bak penampungan air dari Kali Pancur hanya dibuat seadanya. Ironisnya, dari Kali Pancur ke bak penampungan hanya berupa selokan.

“Tiap hari Kita ambil air disini, ya untuk masak, minum, kalau mandi dan mencuci langsung disini, jaraknya kan jauh dari pemukiman,” ujar Suyatmi, Minggu (12/7).

Suyatmi sendiri mengakui, bila air Kali Pancur yang ditampung di bak airnya keruh dan tidak layak konsumsi. Namun, hanya sumber air Kali Pancur ini yang menjadi andalan bila musim kemarau tiba.

“Airnya tidak pernah mengering, kalau mau pakai ya terpaksa diendapkan dulu, ” imbuhnya.

Disisi lain, Kades Karangjati, Sururi, mengaku sumber air Kali Pancur, selama ini digunakan 400 kepala keluarga di dua dusun, yaitu Monggrong dan Krangkeng. Sejauh in, belum ada bantuan droping air bersih. Selain itu, meski kondisi sulit air, belum ada permintaan bantuan air dari warga.

“Masih memanfaatkan air di Kali Pancur, meski antri dan airnya keruh, ” imbuhnya.

Tahun ini, sebenarnya desanya memperoleh bantuan program air bersih dari Cipta Karya dan sudah ada pemenang lelangnya. Hanya saja proyek tersebut diperkirakan baru dikerjakan paska Lebaran mendatang. Nantinya, program air bersih juga memanfaatkan mata air Kali Pancur dan akan ditampung sebelum disalurkan ke rumah warga melalui pipa.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge