0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pertahankan Posisi Wakil Ketua DPRD, Umar Mundur dari Cawawali KSB

timlo.net/Daryono

Anung-Umar

Solo – Wakil Ketua DPRD Solo, Umar Hasyim akhirnya memilih mundur dari pencalonannya sebagai calon wakil walikota (Cawawali) Koalisi Solo Bersama (KSB). Ketua DPD PAN Solo ini memilih mempertahankan posisinya sebagai Wakil Ketua DPRD.

“Tadi malam sudah ada pertemuan di Sekretariat KSB. Pak Umar menyatakan memilih tetap di DPRD. Artinya beliau memilih untuk mundur dari pencalonan AD 2,” kata Ketua KSB, Sugeng Riyanto kepada wartawan, Minggu (12/7).

Menurut Sugeng, Umar juga sudah menyampaikan surat pengunduran sebagai Cawawali secara resmi ke KSB. Dengan pengunduran diri Umar itu, KSB akan segera mencari pengganti Umar.

“Masing-masing partai segera kami minta mengumpulkan usulan, termasuk pak Anung,” ujar dia.

Mengingat waktu pendaftaran calon walikota dan calon wakil walikota ke KPU, 26-28 Juli semakin dekat, KSB akan bekerja cepat agar segera didapatkan pengganti Umar. Proses seleksi ulang dilakukan berdasarkan basis dukungan dan logistik. Untuk survei tidak lagi dilakukan lantaran waktu yang tidak memungkinkan.

“KSB memilih pola rekruitmen baru tanpa melibatkan dua yang sudah ada. Belum tentu yang bersangkutan mau,” ungkap dia.

Dihubungi terpisah, Umar membenarkan pengunduran dirinya sebagai Cawawali. Keputusan itu diambil setelah dirinya berkonsultasi dengan keluarga dan tokoh masyarakat.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Rabu (8/7) mengharuskan anggota DPR RI/DPD/DPRD mengundurkan diri jika mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Mengacu putusan itu, jika meneruskan pencalonannya sebagai Cawawali, Umar harus mundur dari jabatannya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge