0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas, Bahaya Kebakaran Mengintai

foto: Nanin

BPBD Kabupaten Boyolali

Boyolali – Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) Boyolali menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai bencan kebakaran di musim kemarau ini. Di awal Juli hingga pertengahan Juli ini, sudah ada 10 kasus kebakaran.

“Ada peningkatan kasus, masyarakat harus lebih waspada,” himbau Kepala BKBD Boyolali, Nur Khamdani, Sabtu (11/7).

Dijelaskan, 10 kasus kebakaran tersebut sebagian besar menimpa rumah milik warga. Penyebanya diantaranya arus pendek dan lupa mematikan api di tungku yang digunakan untuk memasak.

“Jangan biarkan anak-anak main korek api dan petasan tanpa pengawasan, ini bisa menjadi penyebab kebakaran juga,” tambahnya.

Pihaknya berharap warga masyarakat Boyolali untuk melakukan pengecekan jaringan atau instalasi listrik di rumah. Bila sudah usang, dihimbau untuk segera diganti. Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk tidak membuat sambungan arus pendek antar rumah.

“Penyambungan kabel yang sembarangan berpotensi besar terjadinya arus pendek,” ujarnya.

Sementara khusus untuk wilayah Boyolali Utara, pihaknya telah menempatkan satu mobil unit kebakaran (Damkar) yang disiagakan di Desa Klego. Direncanakan pada tahun anggaran APBD 2016, Pemkab akan membangun Posko PMK permanen di wilayah Klego.

Dipilihnya Posko sementara PMK di balai Desa Klego karena letaknya strategis bisa melayani dan menangani kasus kebakaran di wilayah Boyolali utara seperti wilayah Kecamatan Klego sendiri, Andong , Kemusu, Simo, Nogosari dan wilayah Kecamatan Karanggede.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge