0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Merokok Sebabkan Wajah Berjerawat

dok.merdeka.com
Ilustrasi jerawat (Shutterstock/Yuganov Konstantin) (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Menurut sebuah penelitian, merokok tidak hanya membuat wajah keriput tapi juga membuat jerawat memburuk. Parut wajah yang berhubungan dengan jerawat lebih parah dialami para perokok.

Penemuan itu memberikan alasan lain kepada orang khususnya para remaja yang rentan terkena jerawat, untuk berhenti merokok. Jerawat menimbulkan noda yang bisa pecah dan merusak kulit, meninggalkan luka yang berbentuk seperti kawah, lubang dan benjolan pada wajah.

Parut wajah juga terjadi saat orang memencet jerawat mereka. Penelitian baru ini mengamati 992 penderita jerawat parah, yang dirujuk ke sebuah bagian dermatologi di sebuah rumah sakit selama delapan tahun.

Parut wajah terlihat pada 91 persen pasien dan walaupun para perokok tidak memiliki bekas jerawat, kerusakan pada kulit mereka lebih parah. Sekitar 53,7 persen perokok menderita bekas luka yang sedang hingga parah. Sementara hanya 35 persen mereka yang tidak merokok yang mengalami hal yang sama.

Dr. Raman Bhutani, seorang anggota tim peneliti dari Harrogate District Foundation Trust berkata: “Hubungan antara merokok dan parut wajah yang parah menyatakan jika merokok bisa meningkatkan kerusakan pada parut wajah pada orang yang rentan terkena jerawat.”

“Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi penemuan ini dan memahami mekanisme penyebabnya,” tambahnya.

Penemuan itu dipresentasikan di British Association of Dermatologists’ Annual Conference di Manchester, Inggris.

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge