0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penyakit Langka Sebabkan Wanita Ini Pingsan Jika Tertawa

Tracy Herring

Dok: Timlo.net/Daily Mail.

Tracy Herring

Timlo.net—Walaupun kebanyakan orang gemar menonton film komedi, tapi untuk Tracy Herring film komedi sama berbahayanya seperti gula untuk penderita diabetes.

Wanita berusia 44 tahun itu harus menghindari menonton apapun yang bisa membuat dia tertawa, karena takut pingsan, dan lumpuh sementara. Herring, yang tinggal di Sheffield, Inggris, menderita sebuah kondisi langka disebut cataplexy, yang menyebabkan kelemahan otot tiba-tiba dipicu oleh berbagai emosi yang kuat.

“Dalam kasus saya, tertawa membuat leher saya melemah,” katanya. “Saya kehilangan kontrol terhadap anggota badan saya dan sisi kiri saya lumpuh. Hal ini biasanya terjadi beberapa detik tapi tetap menakutkan,” katanya.

Cataplexy yang dialami oleh Herring begitu parah sehingga dia menghindari mendengar atau menonton hal apapun yang lucu. Sebagai hasilnya dia tidak melihat film komedi sejak 2003 saat dia kali pertama didiagnosa penyakit itu.

“Saya tidak menonton banyak film komedi populer,” akunya. “Tentunya hal ini mengganggu saat teman-teman berkata, ‘Sudahkah kamu menonton film ini?’ Tentu saja saya belum,” terangnya.

Walaupun dia sudah berusaha mencegah penyakitnya kumat, dia masih menderita serangan kelumpuhan, yang bisa membuat dia malu. Herring menceritakan kesan buruk yang ada di benak kekasihnya, Michael Wild, saat kali pertama mereka bertemu. “Saat saya pertama kali bertemu pacar saya Desember tahun lalu dia berpikir saya seorang pemabuk. Walaupun dia baru mengatakannya beberapa bulan kemudian. Dia berpikir saya minum sebelum kami bertemu.  Memang terlihat seperti itu karena saya bisa tiba-tiba tumbang,” terangnya.

Herring, yang tidak bisa bekerja penuh waktu karena cataplexy, mulai menderita penyakit ini saat berusia 32 tahun.

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge