0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Simpang Palur Diprediksi Jadi Simpul Kemacetan

dok.timlo.net/nanang rahadian
Pembangunan flyover Palur, Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Simpang Palur diprediksi menjadi titik simpul kemacetan dalam arus mudik lebaran kali ini. Pasalnya selain pembangunannya yang belum selesai, sejumlah material juga masih berada di tengah jalan yang bisa menghalangi kelancaran arus lalu lintas. Para pemudik yang melintas di Jalur Lintas Selatan Jawa diminta untuk menghindari Simpang  Palur Kecamatan Jaten Karanganyar.

“Sebelum masa mudik Lebaran saja sudah tersendat karena ada pembangunan flyover apalagi ada penambahan volume kendaraan selama masa mudik ini,” kata Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Bambang Erwadi kepada wartawan, Sabtu (11/7).

AKP Bambang Erwadi menyebutkan, Simpang Palur yang berada di ruas jalan nasional Yogya-Surabaya itu memang diprediksikan menjadi simpul kemacetan yang cukup parah. Kemacetan sangat memungkinkan terjadi baik dari arah Yogya, Surabaya maupun dari arah Karanganyar. Dengan kondisi itu pihaknya meminta para pemudik yang melintas untuk menghindari simpang palur tersebut agar nantinya tidak terjebak macet.

“Kita sudah buat rekayasa lalu lintas dengan beberapa jalur alternative menghindari simpang Palur,” jelasnya.

Pihaknya mengatakan saat ini sudah ada sejumlah ruas jalur alternatif yang bisa digunakan oleh para pemudik untuk menghindari simpang palur. Para pemudik yang berasal dari arah arah barat dan menuju Surabaya setelah keluar dari batas Kota Solo diharapkan untuk berbelok ke kiri melintasi Terminal Palur dan nantinya kembali keluar di jalan nasional setelah Fly Over.  Hal yang sama juga berlaku dari arah Surabaya yang nantinya juga diarahkan untuk melintasi kawasan terminal palur dan keluar di batas Kota Solo.

Sedangkan pengguna jalan yang berasal dari Karanganyar nantinya diarahkan untuk berbelok di simpang Jaten dan melintas di Mojolaban dan Keluar di Semanggi Kota Solo. Selain beberapa jalur alternatif tersebut menurutnya ada beberapa jalur alternatif lain yang bisa dilewati oleh para pemudik agar terhindar dari simpang palur.

“Kita juga bekerjasama dengan Dishubkominfo dengan memasang beberapa rambu penunjuk,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge