0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyuwangi Diguyur Hujan Abu Vulkanik Gunung Raung

dok.merdeka.com
Gunung Raung (Ist) (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Sejumlah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, diguyur hujan abu vulkanik Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut.

“Hujan abu vulkanik terjadi di Kecamatan Songgon, Sempu, Kalibaru, Rogojampi, Licin, Kalipuro, Wongsorejo, Glenmore, namun beberapa kecamatan lain termasuk kota juga sudah melaporkan adanya abu vulkanik,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Kusiyadi, di Banyuwangi, seperti ditulis Antara.

Menurut dia, hujan abu yang terparah berada di sekitar Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Raung di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon.

“Bahkan di sekitar Pos Pengamatan sudah diguyur hujan pasir hitam halus karena berdasarkan laporan petugas menyebutkan arah angin ke arah tenggara, timur dan selatan,” tuturnya.

Ia menjelaskan BPBD Banyuwangi menyiagakan empat posko untuk mengantisipasi erupsi Gunung Raung yakni di Kecamatan Songgon, Sempu, Glenmore, dan Kalibaru seiring dengan status siaga.

“Ribuan masker sudah didistribusikan di empat posko itu, kemudian disebar di beberapa wilayah yang terdampak abu vulkanik Gunung Raung,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah karena hujan abu dapat mengganggu pernapasan dan pihaknya akan mendistribusikan kembali, apabila persediaan masker di posko empat kecamatan tersebut sudah habis.

“Pihak BPBD sudah meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi-Bondowoso-Jember itu sejak status siaga,” ujarnya.

Abu vulkanik Gunung Raung juga mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Blimbingsari karena abu vulkanik juga menyelimuti bandara, sehingga bandara tersebut tidak beroperasi pada Jumat sesuai dengan Notice to Airmen (Notam) dari Kemenhub yang menutup bandara hingga pukul 16.00 WIB.

Sementara Laporan Gunung Raung berdasarkan data yang terekam di PPGA Raung pada Jumat pukul 12.00-18.00 WIB tercatat secara visual cuaca terang, angin tenang, suhu udara 22 derajat celcius, puncak gunung terlihat jelas, asap kelabu tebal dengan tekanan lemah yang mencapai ketinggian 400-500 meter ke selatan dan barat daya, terdengar suara gemuruh lemah.

Untuk data seismik tercatat gempa tremor terus menerus dengan amplitudo 6-32 milimeter, namun dominan 28 milimeter, sehingga kesimpulan status Gunung Raung siaga atau Level III. [war]

sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge