0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peneliti UGM: Batalkan Pabrik Semen di Kendeng!

Peneliiti UGM, Dawam Raharjo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Peneliti Universitas Gajah Mada (UGM), Dawam Raharjo menyatakan, proyek pabrik semen di kawasan pegunungan Kendeng harus dibatalkan. Karena merusak sumber alam yang ada di kawasan itu.

“Salah satunya merusak sumber air yang melimpah yang ada di bawah pegunungan kapur itu,” jelas Dawam kepada Timlo.net, di  sela-sela Seminar Peran Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia Cerdas Pengelola Sumberdaya Alam, di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jumat (10/7).

Dawam mengatakan, keberadaan pabrik semen di kawasan Kendeng kalau dibiarkan akan berdampak besar, terutama pada sumber daya alam, di antaranya akan membawa kerusakan hutan, pertanian, kebudayaan masyarakat rusak, dan sebagainya termasuk sumber air yang melimpah di dalam pegunungan kapur Kendeng.

Padahal sumber air besar yang ada pada kawasan Kendeng, menurut Dawam, sudah di lindungi pemerintah pada tahun 2011 melalui Kepres. Tetapi entah kenapa, pemerintah setempat bersikeras mendukung pembangunan proyek pabrik semen itu.

“Kalau proyek  pabrik semen itu diteruskan, berarti menyalahi aturan yang di atasnya,” ujarnya.

Karena itu, meskipun proyek itu mendapat dukungan perguruan tinggi UGM, namun, kata Dawam lagi, perguruan tinggi lain juga musti berani ikut berperan dengan mengungkap kandungan sumber air besar yang ada di dalam kawasan pegunungan Kendeng. Kendati berbeda dengan hasil penelitian UGM.

“Artinya kami ingin adanya kaji tindak partisipatif, dimana hasil penelitian yang ditindaklanjuti secara nyata,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge