0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2014, Bintang YouTube Ini Hasilkan Rp 95 Miliar

PewDiePie

Dok: Timlo.net/BBC

PewDiePie

Timlo.net—Felix Kjellberg (25) bintang YouTube paling populer, memperoleh penghasilan Rp95 miliar dari video-video yang dipostingnya di situs itu. Dikenal oleh para penggemarnya sebagai PewDiePie, dia merekam dirinya saat sedang bermain video game dan mengupload reaksinya saat bermain di YouTube.

Dia memiliki 37 juta follower di situs video itu, lebih dari jumlah follower One Direction dan Taylor Swift.

“Dia menarik demografis remaja dan dewasa muda,” kata Ian Maude, dari Enders Analysis dilansir oleh BBC.

“Terasa aneh membayangkan ada orang bisa memperoleh uang sebanyak itu dari YouTube, tapi jumlah orang yang menonton videonya hampir sebanyak 50 persen penduduk di UK,” katanya.

Selasa (7/7) Kjellberg memposting sebuah video berjudul “Let’s Talk About Money” yang ditonton hingga 1,6 juta kali dalam waktu 24 jam.

Berkata pada para penggemarnya, gamer asal Swedia itu membahas soal penghasilannya, “Kapan pun terungkap berapa banyak yang saya hasilkan dalam setahun, orang sangat terkejut. Banyak orang juga sangat, sangat marah.”

“Mereka berpikir saya hanya duduk sepanjang hari dan berteriak ke layar. Memang itu benar. Tapi ada lebih banyak hal di luar itu,” tambahnya.

Pada Juli 2014, Kjellberg mengkonfirmasi di Reddit, dan dia menghasilkan sekitar Rp 90 miliar pada 2013.

Menanggapi kritik yang ada, dia menulis: “Saya masih menghabiskan lebih banyak uang untuk amal daripada uang yang saya gunakan untuk diri saya sendiri.”

YouTube tetap menjadi ladang penghasilan bagi para bintang utama mereka, yang menghasilkan uang dari iklan yang ditempatkan di sekitar video mereka.

Dalam syarat dan ketentuan di situs itu, ada larangan untuk para pengupload video untuk membagikan berapa banyak uang yang mereka hasilkan. Tapi Senin minggu ini, pemain game Olajide Olatunji, dikenal sebagai KSI, berkata kepada surat kabar Metro bahwa dia memperoleh cukup uang untuk membelikan orang tuanya sebuah rumah.

Beberapa bintang YouTube menambah penghasilan mereka dengan mempromosikan produk di video mereka, Kjelberg berkata dia jarang melakukannya.

“Saya menghasilkan lebih dari yang saya butuhkan dari YouTube,” tulisnya di Reddit. “Dengan kebebasan ini, juga berkat para penggemar yang membuat hal ini mungkin, saya tidak melakukan banyak endorsement,” terangnya.

Maude dari Enders Analysis memperingatkan kepada siapa pun yang ingin menjadi jutawan dengan menggunakan YouTube.

“Seperti halnya dalam banyak hal, hanya sedikit orang berada di atas yang melakukan hal dengan sangat baik tapi ada juga banyak orang yang tidak menghasilkan sama sekali,” katanya.

“Orang harus melihat sesuatu yang spesial dalam diri Anda. Dan hal ini tidak terjadi pada semua orang,” tambahnya.

 

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge