0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Universitas Swasta Diimbau Terapkan SKS Gemuk

dok.timlo.net/tyo eka
Mantan Rektor Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta Dr Djohan MEM (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Universitas swasta hendaknya menerapkan sistem kredit semester (SKS) gemuk untuk satu mata kuliah dengan menggabungkan mata kuliah serumpun.

“Misalnya 4, 5, atau 6 SKS untuk satu mata kuliah,” jelas mantan Rektor Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta Dr Djohan MEM saat memberi asistensi dan pendampingan pada civitas akademika Universitas Kristen Surakarta (UKS), di Kampus UKS, Solo, Jumat (10/7).

Penerapan SKS gemuk, menurut Djohan, akan lebih efisien dan mata kuliah yang diajarkan juga makin ramping. Mata kuliah baru hasil penggabungan beberapa mata kuliah diusahakan berorientasi ke pasar agar para lulusan mudah mendapatkan pekerjaan.

Penerapan SKS gemuk, kata Djohan lagi, juga harus disertai perubahan proses belajar mengajar yang lebih efisien, berbobot, dan menyenangkan bagi para mahasiswa. Misalnya, dalam satu semester para mahasiswa hanya dibebani empat atau lima mata kuliah, atau sehari satu mata kuliah dalam seminggu. Tapi perkuliahan akan berlangsung cukup lama lantaran SKS besar.

Menurut Djohan, kebijakan penggabungan beberapa mata kuliah serumpun menjadi SKS lebih besar atau gemuk cukup ditangani kepala program studi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge