0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

60 Motor Dinas Pemkab Karanganyar Dilelang

(Ilustrasi) Motor dinas Pemkab Karanganyar dilelang (dok.timlonet/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemkab Karanganyar menjual 60 unit kendaraan operasional roda dua (motor dinas) melalui mekanisme lelang, Kamis (9/7). Lelang yang digelar di Gedung Wanita Karanganyar, terbatas hanya untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki masa kerja minimal 10 tahun.

“Ini bagian dari pengoptimalan aset yang sudah tidak digunakan. Dijual, agar hasilnya menjadi pemasukan bagi kas daerah,” kata Kepala Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Sumarno, Kamis (9/7).

Dikatakan Sumarno, 5 varian sepeda motor ditawarkan dalam lelang tersebut. Yakni 14 unit Suzuki A100 keluaran tahun 1995-1996, 6 unit Suzuki Bravo lansiran 1997, 1 unit Suzuki Shogun buatan tahun 2001, 8 unit Honda Win MCB tahun 2003-2005 dan 31 unit Honda Karisma buatan tahun 2005.

“Nilai limit kendaraan bervariasi antara Rp 400 ribu hingga Rp 3 juta, tergantung jenis dan kondisi kendaraan,” kata Sumarno.

Penawaran awal lelang, lanjut Sumarno, dimulai dari Rp 50 ribu dan berlaku kelipatannya. Pemenang lelang ditetapkan berdasarkan penawaran tertinggi. Kendaraan yang dilelang merupakan sepeda motor dinas yang telah dihapus dari daftar inventaris.

“Sebelum mengikuti lelang, peserta menyetorkan uang jaminan Rp 200 ribu kepada panitia. Jika tidak hadir, uang jaminan tersebut hangus. Total peserta lelang sebanyak 101 orang,” jelasnya.

Wakil Bupati Rohadi Widodo menjelaskan, lelang merupakan bagian dari proses peremajaan aset. Pengelolaan aset daerah inimerupakan penyumbang nilai besar sehingga  Karanganyar mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (TWP).

Kendaraan yang dilelang, lanjut Rohadi, sudah tidak layak untuk digunakan sebagai kendaraan operasional. Jika tetap dipertahankan, biaya operasional dan perawatannya terlalu tinggi.

“Karena itu, lebih baik dijual. Hasilnya bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge