0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMKN 4 Solo Gelar Uji Kompetensi

Solo – Lembaga Sertifikasi Profesi SMKN 4 Solo menggelar uji kompetensi perdana terhadap siswanya. Dalam uji kompetensi tersebut hadir pula tim dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk memastikan uji kompetensi tersebut berjalan sebagaimana mestinya.

“LSP SMKN 4 Solo telah mengantongi lisensi sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak 1 (LSP P1),” jelas Anggota BNSP dari Komisi Sertifikasi, Ramahudin kepada wartawan, di SMKN 4 Solo, Kamis (9/7).

Menurut Ramahudi, LSP SMKN 4 Solo merupakan perpanjangan tangan dari BNSP dalam melakukan uji kompetensi terhadap lulusan SMK dari berbagai sektor industri. Adanya lisensi sebagai LSP ini, SMKN 4 memiliki kewenangan untuk melakukan uji kompetensi terhadap siswa atau lulusannya, termasuk juga siswa dari SMK lain dengan program keahlian yang sama atau sejenis.

Ramahudi mengatakan, standar kompetensi yang sudah diterapkan di LSP tersebut telah mengacu pada standar Asean. Sehingga diharapkan mereka bisa langsung bekerja di negara-negara Asean. sertifikasi kompetensi peting bagi lulusan SMK untuk memasuki dunia kerja.

“Untuk masuk dunia kerja, lulusan tidak  cukup hanya mengantongi ijazah tapi juga harus memiliki sertifikat kompetensi,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge