0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pakar Pendidikan : Tak Perlu Negerikan PTS Jadi PTN

timlo.net/eko prasetyo

Sofyan Anief

Solo – Sebanyak 30 perguruan tinggi swasta (PTS) akan dinegerikan tidak sesuai dengan visi awal untuk menciptakan perguruan tinggi yang mandiri. Padahal penambahan perguruan tinggi swasta menjadi negeri berimplikasi terutama pendanaan.

”Pemerintah sekarang justru makin memberi kesempatan kewenangan swasta untuk mengelola perguruan tinggi. Apalagi sekarang ini banyak perguruan tinggi negeri besar yang menjadi berbadan hukum. Itu menunjukkan pemerintah dalam sisi anggaran sudah mulai mengurangi kucuran ke perguruan tinggi negeri,” ungkap Pakar Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Dr Sofyan Anief di ruang kerjanya, Kamis (9/7).

Menurut dia, tidak perlu menegerikan PTS, tetapi yang penting sekarang pemerintah harus fokus untuk melakukan pembinaan secara terstruktur dan kontinyu terhadap perguruan tinggi swasta. Dengan demikian, kualitas pengelolaannya menjadi meningkat, dan otomatis outputnya akan meningkat. Sehingga nantinya menjadi satu konsesi bersama ketika lulusan PTN dan PTS member kualitas yang seimbang.

Salah satunya, kata dia, memberikan pembinaan termasuk subsidi pendanaan operasional. Tidak harus dinegerikan. Sehingga capaian kemandirian pengelolaan perguruan tinggi bisa diperoleh, dan itu jauh lebih efektif dan effisien. Sekaligus menjadi solusi terhadap anggapan diskriminasi PTN dan PTS.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge