0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Imbas Putusan MK, Cawawali Umar Harus Mundur dari Legislator

timlo.net/daryono

Anung - Umar

Solo — Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang pasal 7 huruf (r) dan (s) Undang-undang No 8 tentang Perubahan UU No 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota berimbas pada kandidat calon kepala daerah yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2015. Dalam putusan MK itu, calon kepala daerah yang berlatar belakang legislator harus mundur dari jabatannya.

Di Solo, Umar Hasyim merupakan calon wakil walikota (Cawawali) yang berlatar belakang legislator. Saat ini, Ketua DPD PAN Solo ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Solo. Merujuk putusan MK, Umar harus mundur sebagai legislator saat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum(KPU). Sebelum ada putusan MK, Umar cukup memberitahukan pencalonannya kepada Pimpinan DPRD.

“Memang benar berdasarkan Peraturan MK No 33/PUU-XIII/2015 yang kemarin baru dibacakan amar putusannya, calon berlatar belakang anggota dewan harus mundur,” kata Komisioner Divisi Hukum, Pengawasan, Pencalonan dan Kampanye KPU Solo, Nurul Sutarti kepada wartawan, Kamis (9/8).

Pengunduran diri itu, lanjut Nurul, dilakukan setelah calon ditetapkan secara resmi oleh KPU. Saat mendaftarkan ke KPU, calon cukup membuat surat pernyataan dimana calon akan mundur ketika KPU menetapkan yang bersangkutan sebagai calon.

“Tetapi untuk jelasnya KPU kabupaten/kota tetap menunggu apakah akan ada perubahan PKPU tentang Pencalonan yang terkait dengan pasal tersebut atau akan ada SE (Surat Edaran) KPU RI,” ujar dia lagi.

Ditemui terpisah, Cawawali, Umar Hasyim mengungkapkan akan membicarakan keluarnya putusan MK dengan Koalisi Solo Bersama. Namun demikian, ia menegaskan bagaimanapun putusan MK harus dipatuhi.

“Bagaimanapun juga ada aturan baru akan kita diskusikan dengan KSB. Posisi saya juga tidak lepas dari KSB. Barangkalai KSB punya keputusan lain. Kalau memang harus mundur ya mundur. Kami tergantung pada KSB,” jelas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge