0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kenapa Wanita Berusia Lebih Panjang Dibanding Pria?

Jantung. (Dok: Timlo.net/Slashgear.com.)

Timlo.net—Hampir di seluruh bagian di dunia, wanita hidup lebih lama dibandingkan pria. Sekarang sebuah penelitian baru mengungkap penyakit jantung adalah dalang utama di balik perbedaan harapan hidup kedua gender ini.

Menurut penelitian itu, jurang harapan hidup di antara pria dan wanita muncul kali pertama pada abad ke-20. Dengan adanya pencegahan penyakit menular, pola makan yang membaik dan perilaku sehat lainnya yang mulai menjadi bagian dari manusia yang lahir pada 1800-an dan awal 1900-an angka kematian menurun. Tapi wanita mulai menikmati hidup panjang dan jumlah wanita berumur panjang naik dengan cepat.

Dalam ulasan data global yang dilakukan oleh University of Southern California, diketahui bahwa penyakit jantung adalah biang penyebab banyaknya kematian pada pria dewasa. “Kami terkejut akan betapa berbedanya angka kematian antara pria dan wanita, yang berawal pada 1970,” kata profesor USC, Eileen Crimmins.

Penelitian itu menguji masa hidup orang yang lahir antara 1800 hingga 1935 di antara 13 negara berkembang. Berfokus pada angka kematian pada orang dewasa berusia di atas 40 tahun, tim itu menemukan jika setelah 1880 angka kematian wanita menurun 70 persen lebih cepat.

Penyakit kardiovaskular terlihat sebagai penyebab utama dari kematian para pria berusia di atas 40 tahun. Yang mengejutkan, rokok hanya mempengaruhi perbedaan kematian di antara pria dan wanita sebesar 30 persen.

Hal ini menimbulkan pertanyaan jika pria dan wanita memiliki resiko penyakit jantung yang berbeda karena bawaan resiko biologis atau faktor protektif dalam berbagai hal dalam hidup mereka.

“Penelitian lebih lanjut bisa meliputi analisa perbedaan diet dan aktivitas olahraga di antara negara-negara itu,” kata Caleb Finch, Profesor di Neurobiology of Aging di USC.

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge