0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tuntut Penutupan Tambang Batu, Warga Ngadu ke DPRD

Warga Desa Sejati hearing dengan DPRD Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Puluhan warga Desa Sejati, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri mengadukan perusahaan pertambangan batu andesit PT Ratna milik warga asal Pacitan, Jatim. Mereka mendesak agar usaha tersebut ditutup karena selain belum berijin juga meresahkan penduduk lantaran bising sehingga mengganggu lingkungan serta penggunaan bahan peledak untuk menghancurkan bukit batu andesit.

“Sejak pertambangan PT Ratna beroperasi banyak sumber air penduduk mati dan merusak lingkungan,” ujar warga Desa Sejati,Mulyanto, saat dengar pendapat (hearing) di Gedung DPRD Wonogiri, Kamis (9/7).

Warga lainnya, Katmin dan Nasroh pun mengatakan, keberadaan pertambangan seluas 10 hektare tersebut belum berijin. Pasalnya, mereka merasa jika lingkungan belum pernah dimintai persetujuan. Lebih parah lagi, beberapa bulan belakangan, penambangan batu andesit itu menggunakan bahan peledak serta sejumlah alat berat.

“Sehingga situasi desa yang sebelumnya tenang berubah sangat bising dan ledakan yang memekakkan telinga karena lokasi di dekat pemukiman warga,” jelas Nasroh yang juga Ketua RW setempat.

Kepala Dinas PESDM Wonogiri, Arso Utoro  yang ikut terlibat dalam hearing mengakui, sekitar 2009 silam pihak Pemkab Wonogiri mengeluarkan ijin pertambangan rakyat PT.Ratna dengan luasan kawasan 0,8 hektare.

“Namun saat ini perusahaan tersebut meningkatkan usaha dengan jenis pertambangan profesional dengan luasan daerah 10 hektare dimana yang berhak mengeluarkan Dinas PESDM Jateng,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno saat dikonfirmasi mengatakan bahwa hasil sementara dari hearing tersebut yakni memerintahkan dinas terkait melakukan kajian kembali terhadap keberadaan PT. Ratna itu.

“Kita perintahkan kepada PESDM untuk mengkaji apakah aktivitas pertambangan dapat mengganggu sumber air dan hasilnya disampaikan pada waktu hearing kedua,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge