0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Kebakaran, Cek Listrik Rumah Saat Ditinggal Mudik

ilustrasi kebakaran (merdeka.com)

Klaten — Puluhan kebakaran terjadi di wilayah Klaten selama satu semester tahun ini. Amukan si jago merah kebanyakan menimpa bangunan rumah dan toko.

“Berdasarkan data Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Januari hingga awal Juli, terjadi 30 peristiwa kebakaran,” terang salah seorang petugas Damkar Klaten, Nur Khodik, Rabu (8/7).

Dari jumlah itu, sebanyak 27 kebakaran menimpa bangunan rumah dan toko. Sedangkan sisanya, dua kejadian di lahan terbuka, dan satu oven kayu. Maka, memasuki musim kemarau, khususnya Lebaran, pihaknya mengimbau masyarakat untuk mewaspadai si jago merah.

Sebelum ditinggal mudik, ia menyarankan pemilik rumah untuk mengecek seluruh aliran listrik dalam kondisi aman. Kemudian, perangkat elektronik dipastikan tidak menyala, termasuk melepas selang tabung gas. Hal itu untuk mengantisipasi potensi kebakaran saat rumah dalam keadaan kosong selama Lebaran.

“Tapi sebaiknya menitipkan kunci rumah kepada tetangga atau kerabat yang tidak mudik. Supaya rumah yang bersangkutan dapat dikontrol. Namun kalau terpaksa ya cukup menyalakan satu lampu untuk menghindarkan kesan rumah dalam keadaan kosong,” pintanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge