0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gugatan Praperadilan Mantan Pinca PD BKK Eromoko Gugur

timlo.net/tarmuji

Pengadilan Negeri Wonogiri

Wonogiri — Gugatan praperadilan mantan pimpinan PD BKK Eromoko Cabang Bulukerto, Tri Wahono terhadap Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri di sidang Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri dinyatakan gugur. Sebab kasus itu sudah disidangkan di Pengadilan Tipikor Semarang.

“Sesuai ketentuan, sidang praperadilan harus digugurkan apabila kasusnya sudah diperiksa di Pengadilan Tipikor. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi dua persidangan untuk satu kasus. Sedang hari ini, Pengadilan Tipikor telah memulai sidang perdana kasus koruspi PD BKK Eromoko,” terang Hakim PN Wonogiri, Ni Kadek Ayu Nisma Dewi, Rabu (8/7).

Terpisah, pihak Tri Wahono, melalui kuasa hukumnya, Heru S Notonegoro mengatakan, ada tiga persoalan yang menimpa kliennya. Tri Wahono ditetapkan sebagai tersangka sebelum ditemukannya kerugian negara. Ada surat pemanggilan kepada kliennya yang tidak mencantumkan status sebagai saksi atau tersangka. Ada surat pemanggilan kepada kliennya yang tidak mencantumkan pasal-pasal sebagai dasar pemanggilan.

“Pertimbangan hakim, yakni sudah dimulainya persidangan di Pengadilan Tipikor. Tetapi dari ketiga permasalahan itu, tidak satupun yang dibantah oleh hakim, ” jelas Heru.

Ditambahkan, kejaksaan sengaja mempercepat proses pelimpahan kasus ke Pengadilan Tipikor agar sidang praperadilan bisa digugurkan.

“Klien saya baru menerima surat pemanggilan sidang hanya sehari sebelum sidang Pengadilan Tipikor digelar, seharusnya kan tiga hari sebelum sidang digelar sudah harus menerima surat panggilan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Wonogiri, M Naimullah mengatakan, keputusan hakim sudah benar secara yuridis. Sebab, persidangan di Pengadilan Tipikor sudah digelar.

“Proses kasus itu sebenarnya sudah berlangsung lama. Jadi, tidak benar kalau kami sengaja menghindari praperadilan, apalagi mempercepat pelimpahan kasus,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge