0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pencalonan Umar, Aturan Tak Harus Mundur, Etika Politik Dipertanyakan

timlo.net/Daryono

Anung Indro Susanto - Umar Hasyim

Solo — Meski mencalonkan diri sebagai calon wakil walikota (Cawawali), Wakil Ketua DPRD Solo, Umar Hasyim tidak harus mundur dari jabatannya sebagai legislator maupun pimpinan DPRD. Umar cukup memberitahukan pencalonannya kepada pimpinan DPRD.

“Tidak ada aturan (Umar-Red) mundur. Ia cukup memberitahukan pencalonannya kepada pimpinan Dewan. Saat pendaftaran ke KPU (Komisi Pemilihan Umum), surat pemberitahuan dan tanda terima dari Sekretariat DPRD wajib dilampirkan,” kata Komisioner Divisi Hukum, Pengawasan, Pencalonan dan Kampanye KPU Solo, Nurul Sutarti, saat dihubungi Timlo.net, Rabu (8/7).

Nurul melanjutkan, sebagai pimpinan DPRD, Umar juga tidak harus mundur dari posisinya sebagai Wakil Ketua DPRD. Pasalnya, pimpinan DPRD juga bersifat kolektif.

Terpisah, Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa mengungkapkan di Tata Tertib (Tatib) DPRD tidak ada aturan menyangkut pencalonan legislator dalam Pilkada. Persoalan mundur atau tidak sebagai legislator menjadi ranah masing-masing partai-partai lantaran hal itu menyangkut etika politik.

“Aturannya di KPU, tanya KPU. Kalau kita bicaranya etika politik. Di Tatib kan nggak diatur. Etikanya di masing-masing partai. Jadi dikembalikan ke partainya, termasuk usulan mundur atau bagaimana itu dikembalikan ke partainya,” ujar Teguh.

Legislator PDIP ini mencontohkan, saat FX Hadi Rudyatmo dicalonkan sebagai calon wakil walikota di Pilkada 2005, Rudy, sapaan FX Hadi Rudyatmo, langsung mundur dari jabatannya sebagai anggota DPRD. Mundurnya Rudy sebagai bentuk etika politik di PDIP.

Sementara, Anggota KSB, Reny Widyawati menilai Umar tidak perlu mundur. Pasalnya, kala mencalonkan diri dalam Pilkada 2010, Walikota Solo kala itu, Joko Widodo (Jokowi) juga tidak mundur.

“Kami mencontoh pak Jokowi saja dimana Walikota saja tidak mundur,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge