0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Arus Mudik, Rel Kereta Api di Solo Diperiksa

dok.timlo.net/heru murdhani
Petugas mengecek rel kereta api (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Menjelang mudik Lebaran, petugas pengamanan dari Stasiun Jebres Solo bekerjasama dengan Polsek Jebres mengadakan pemeriksaan jalur perlintasan kereta api, Rabu (8/7) dinihari. Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan rumah signal, pemeriksaan bantalan rel kereta, dan wesel perpindahan rel kereta api.

“Seperti kita ingat bahwa tahun lalu ada insiden pengganjalan wesel kereta api, namun berhasil kita cegah dan kita temukan. Kami tidak mau hal serupa kembali terjadi, karenanya kami tingkatkan kewaspadaan dan melakukan operasi pengamanan ini,” ungkap Kapolsek Jebres AKP Edison Panjaitan.

Edison mengatakan, operasi ini akan digelar secara rutin dan acak selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2015. Dia mengungkapkan dalam operasi kali ini tidak ditemukan kejadian yang menonjol untuk ditindak lanjuti.

Sementara Kepala Stasiun Jebres, Wagimin mengatakan Stasiun Jebres ini tidak lagi digunakan untuk menaikkan penumpang. Selain itu hanya dua buah kereta api saja yang berhenti di Stasiun Jebres, yakni Kereta Api Matarmaja dan Kereta Api Madiun Ekonomi.

“Memang hanya untuk menurunkan penumpang saja, namun itu bukan berarti kita menurunkan kewaspadaan kita,” katanya.

Dirinya mengungkapkan selama arus mudik lebaran 2015 dirinya menambah petugas Juru Penilik Jalan (JPJ) untuk mengetahui kondisi rel kereta api setiap harinya.

“Biasaya hanya dua shif, sekarangkami tingkatkan menjadi tiga shif. Ini semua untuk memberikan pelayanan maksimal bagi penumpang kereta api,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge