0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hakim Kabulkan Permohonan Sultan

dok.merdeka.com

Sri Sultan Hamengku Buwono X

Timlo.net – Permohonan dicabutnya pergantian nama Sri Sultan Hamengku Buwono X dikabulkan Pengadilan Negeri Kota Yogyakarta. Ketua Majelis Hakim, Sumedi mengatakan, keputusan itu dibacakan menyusul adanya pencabutan berkas oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 6 Juli lalu.

“Karena sudah ada pencabutan berkas oleh pemohon, sehingga hakim mengabulkan pencabutan perkara ini, maka perkara ini selesai,” kata Hakim Sumedi dalam persidangan, Rabu (8/7).

Sementara itu, humas PN Kota Yogyakarta, Ikhwan Hendrato mengatakan, sebelumnya Sri Sultan Hamengku Buwono X mengajukan perubahan nama pada 19 Juni 2015. Permohonan itu dikuasakan oleh Sultan kepada putrinya, GKR Condrokirono.

“Pengajuannya kemarin dikuasakan, pencabutannya juga begitu. Karena ada pencabutan berkas maka perkara ini juga tidak bisa dilanjutkan,” kata Ikhwan.

Ikhwan menjelaskan, dalam proses pergantian nama sebelumnya persidangan akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Hasil pemeriksaan tersebutlah yang dijadikan landasan buat memutuskan permohonan itu diterima atau tidak.

“Ada orang ganti nama karena sakit-sakitan, atau kalau orang Jawa itu biasanya setelah menikah ganti nama,” ujar Ikhwan.

Dalam kasus permohonan pergantian nama Sultan, menurutnya tidak ada bedanya.

“Tidak beda, sama saja. Tapi karena ini sudah dicabut, nanti kalau mau mengajukan lagi ya harus daftar ulang,” ucap Ikhwan.

[ary]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge