0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasman Singodimedjo Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

dok.merdeka.com

Hidayat Nur Wahid

Timlo.net – Mendiang Kasman Singodimedjo, diusulkan mendapat gelar pahlawan nasional. Sebab, sosok mantan Ketua Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) ini dinilai sebagai sosok yang berperan dalam merumuskan konsep konstitusi negara.

“Saya sudah mengusulkan agar Mr Kasman Singodimedjo mendapatkan gelar pahlawan nasional. MPR mendorong agar tokoh-tokoh yang berjasa dalam sejarah pembentukan bangsa mendapat gelar pahlawan nasional,” kata Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid, Selasa (8/7).

Kasman Singodimedjo adalah lulusan Rechtshogeschool yang namanya banyak disebut dalam sejarah Indonesia dan juga pernah menjadi Ketua Jong Islamiten Bond.

“Kasman Singodimedjo adalah anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Beliau juga berlatar belakang militer dan ikut masa-masa perjuangan melawan Belanda,” terangnya.

Politikus PKS itu menilai Kasman Singodimedjo berjasa dalam proses penyusunan UUD 1945. Kasman diangkat menjadi Jaksa Agung pada 6 November 1945. Dia juga pernah mengeluarkan Maklumat Jaksa Agung Nomor 3 tertanggal 15 Januari 1946.

Melalui Maklumat itu, Kasman mengajak gubernur, jaksa, dan polisi membuktikan diri, mereka menjunjung hukum dan menjadikan Indonesia sebagai negara hukum. Pada masanya juga ada instruksi jaksa agung yang sangat penting bagi perkembangan eselonisasi dan tata kerja Kejaksaan selanjutnya.

Pria yang lahir di Purworejo, Jawa Tengah, 25 Februari 1904 ini meninggal di Jakarta, 25 Oktober 1982 pada umur 78 tahun. Selain, Jaksa Agung periode 1945 sampai 1946, dia juga sempat menjadi Menteri Muda Kehakiman pada Kabinet Amir Sjarifuddin II.

[efd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge