0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspadai Peredaran Makanan dan Obat Kadaluwarsa

merdeka.com

Ilustrasi label tanggal kadaluwarsa

Timlo.net — Jelang lebaran, masyarakat Indonesia harus semakin waspada akan adanya penyebaran produk makanan yang tak layak konsumsi. Seperti yang terjadi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Tim gabungan dari Polsek Lubuk Basung menyita puluhan produk kedaluwarsa dari sejumlah warung di Pasar Balai Selasa.

“Kami berhasil menyita puluhan produk seperti minuman kemasan, makanan ringan, sirup, obat-obatan, bumbu masakan, susu bubuk dan lainnya yang telah habis masa berlakunya,” kata Kapolsek Lubuk Basung, Iptu Nasirwan, dilansir Antara, Selasa (7/7).

Selain produk makanan yang kadaluwarsa, Nasirwan mengatakan pihaknya telah memeriksa obat yang telah habis masa berlaku di tokoh obat di Pasar Balai Selasa. Saat operasi berlangsung, tidak ada perlawanan yang dilakukan oleh pedagang.

Nasirwan menambahkan, produk yang disita ini akan disimpan di kantor Pasar Balai Selasa, dan akan diserahkan apabila langsung di tukarkan ke agennya. Jika tidak ada pedagang yang menukar, maka akan dimusnahkan dalam waktu dekat oleh tim.

Rencananya, tim gabungan dari anggota Polsek Lubuk Basung, Pemerintah Kecamatan Lubuk Basung, Puskesmas Lubuk Basung, Puskesmas Manggopoh, Satpol PP Agam dan lainnya akan melakukan operasi di dua tempat berbeda. Di antaranya Pasar Lama Lubuk Basung pada Rabu (8/7) dan Pasar Impres Padang Baru Lubuk Basung pada Kamis (9/7).

“Kami akan memeriksa satu per satu produk yang dipajang di warung. Apabila masa berlaku sudah habis, maka langsung disita,” imbuh Nasirwan.

Penertiban ini merupakan penertiban pertama yang dilakukan oleh petugas. Hal ini bertujuan agar produk tersebut tidak diperjualbelikan oleh pedagang, karena akan berdampak bagi kesehatan warga yang mengkonsumsi.

[eko]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge