0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nekat Beroperasi Selama Lebaran, Dishub Siap Kandangkan Truk Pasir

Dok. Timlo.net/Aditya
(Ilustrasi) Truk pengangkut pasir (Dok. Timlo.net/Aditya)

Klaten – Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten memprediksi arus mudik dan balik Lebaran 2015 akan mengalami peningkatan kepadatan kendaraan. Untuk mengantisipasinya, akan melarang truk pengangkut pasir melintas selama dua pekan.

“Kami menerbitkan surat edaran tentang larangan truk pasir beroperasi H-7 hingga H+7. Dan sudah kami sosialisasikan ke sopir truk dan lokasi penambangan,” kata Kepala Dishub Klaten, Bambang Giyanto, Selasa (7/7).

Menurutnya, saat ini jumlah truk pengangkut pasir semakin banyak dan menambah kepadatan arus kendaraan di jalan raya. Disisi lain, lebaran tahun ini bersamaan dengan liburan sekolah dan persiapan masuk tahun ajaran baru. Dikhawatirkan, keberadaan truk galian C akan menghambat laju kendaraan pemudik.

Pihaknya juga siap menindak truk pasir yang ngeyel tetap beroperasi. Salah satunya menyiapkan tim patroli untuk berkeliling di jalur- jalur yang biasa dilalui truk pasir. Namun demikian, dia berharap, pemilik dan sopir truk dapat menaati aturan tersebut demi kepentingan bersama.

“Kalau pertama kami berikan peringatan lisan, baru kemudian surat tilang. Bila masih nekat, kami tak segan untuk mengandangkannya. Baru setelah H+7 Lebaran truk boleh beroperasi kembali,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge