0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lima Hari Sekolah Akan Diujicoba

timlo.net/nanang

 Agus Haryanto, Sekretaris Disdikpora Karanganyar

Karanganyar — Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tentang penyelenggaraan pendidikan lima hari kerja bagi SMA/SMK, akan ditindak lanjuti Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karanganyar.

“Kami sudah menyosialisasikan SE Gubernur Jateng itu kepada seluruh SMA/SMK di Karanganyar. Kami juga sudah menyampaikan niatan akan melaksanakan SE itu kepada seluruh SMA/SMK se-Karanganyar,” kata Sekretaris Disdikpora Karanganyar, Agus Haryanto kepada wartawan, Selasa (7/7).

Pihaknya tetap melaksanakan uji coba apa yang ada di SE Gubernur Jateng itu. Kami juga sudah meminta sekolah memetakan kondisi masing-masing apabila menerapkan SE itu. Termasuk mempertimbangkan kurikulum dan lain-lainnya. Menurut Agus, SMA di Karanganyar tidak memiliki kendala apabila melaksanakan SE itu.

“Justru malah lebih menghemat ongkos transportasi dari enam hari selama satu minggu menjadi lima hari,” jelasnya.

Sebaliknya, kata Agus, SMK di Karanganyar terkendala kurikulum karena harus memadatkan jam pelajaran dan praktik. Untuk SMK pada saat enam hari sekolah saja kadang-kadang sampai sore karena ada pelajaran praktek.

“Kalau nanti lima hari kerja, harus memadatkan jam praktik. Ini kewalahan,” ujar dia.

Namun, pihaknya masih akan menunggu kajian dari masing-masing sekolah di Karanganyar. Disdikpora tidak akan menunjuk SMA/SMK mana yang akan melaksanakan uji coba. Disdikpora akan menunggu SMA/SMK mengajukan diri. Agus enggan menyampaikan berapa sekolah yang akan menjadi proyek percontohan pelaksanaan SE Gubernur Jateng itu.

“Kalau nanti tidak ada yang mengajukan diri ya tetap akan kami tunjuk. Kami menunggu kajian dari masing-masing sekolah,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge