0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Klorin Pada Pembalut, YLKI Sudah Surati Kemenkes

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyebutkan, sebagian besar pembalut dan pantyliner mengandung zat klorin atau pemutih. YLKI mengaku sudah menyurati Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait kandungan berbahaya pembalut buatan. Namun, hingga sekarang belum mendapat respon.

“Kadang-kadang dengan social enforcement itu pemerintah baru bergerak. Tapi giliran kita kirimi surat baik-baik itu tidak ada tanggapan,” kata Pengurus Harian YLKI Ilyani S. Andang, Selasa (7/7).

YLKI berharap pemerintah membuat standar pembalut aman buat konsumen. Berdasarkan temuan, banyak pembalut serta pantyliner buatan di dalam negeri mengandung klorin atau pemutih, zat menyebabkan iritasi, gatal-gatal, dan dalam jangka panjang merangsang kanker rahim.

“Tapi di pembalut dan pantyliners ini kan tidak dicantumkan free klorin atau tidak. Dia hanya menyebutkan terbuat dari kertas,” katanya.

“Kalau secata kasat mata nggak mungkin bisa membedakan mana pembalut yang mengandung klorin dan tidak. Perlu uji lab untuk pembuktiannya.”

[yud]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge