0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mengejutkan, Banyak Pembalut Wanita Mengandung Klorin

dok.merdeka.com

Pembalut wanita

Timlo.net – Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyebutkan, sebagian besar pembalut dan pantyliner mengandung zat klorin atau pemutih. Penelitian menggunakan sample pembalut dan pantyliner yang kerap digunakan konsumen wanita Indonesia.

Peneliti YLKI Arum Dinta mengungkapkan pihaknya mengambil sampel dari 9 pembalut dan 7 pantyliner bermerek cukup ternama di dalam negeri.

“Metode yang dilakukan uji lab yaitu secara spektrofotometri di lab TUV NORD Indonesia yang sudah terakreditasi,” ujar Arum, Selasa (7/6).

Arum mengungkapkan zat klorin sangat berbahaya jika terus menerus bersinggungan langsung dengan tubuh manusia terutama sistem reproduksi wanita.

“Klorin bersifat racun dan bisa menyebabkan iritasi. Klorin biasa digunakan sebagai pemutih pada produksi kertas, pakaian dan sejenisnya,” tuturnya.

Sementara, Ketua Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan tingkat pemakaian pembalut di Indonesia cukup tinggi. Sekitar 1,4 miliar pembalut per tahun.

Faktanya, perempuan Indonesia lebih suka memakai pembalut buatan ketimbang alami. Dalam jangka panjang, ini membahayakan kesehatan reproduksi wanita.

“Sekitar 52 juta perempuan berpotensi terkena kanker rahim dengan berbagai sebab, ironisnya salah satunya karena kualitas pembalut,” ungkapnya.

“Sayangnya mayoritas perempuan gunakan pembalut buatan padahal pembalut alami lebih aman.”

[yud]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge