0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambut Lebaran, Solo Siapkan 1.760 Armada

dok.timlo.net/tyo eka
Ketua Organda Kota Solo, Joko Suprapto (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Menyambut Lebaran 2015, Kota Solo menyiapkan sebanyak 1.760 armada. Armada itu baik bus AKDP, Taxi, Angkutan, dan sebagainya. Terutama angkutan plat kuning.

“Diantaranya sebanyak 600-an adalah bus AKDP dan AKP,” ungkap Ketua Organda Kota Solo, Joko Suprapto kepada wartawan sesuai inspeksi mendadak (Sidak) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), di Solo, Selasa (7/7).

Joko mengemukakan bahwa jumlah armada yang beroperasi menjelang Lebaran dan usai Lebaran diperkirakan sama dengan jumlah tahun 2014 lalu, Karena diantara total armada, ada yang tidak jalan, ada pula yang diremajakan.

Soal tarif, Joko mengemukakan bahwa tarif yang dikenakan kepada penumpang terutama kelas ekonomi, tidak ada perubahan seperti halnya tahun lalu. Untuk Lebaran, armada memakai tarif batas atas yakni Rp 168/kilometer/penumpang.

“Bagi armada yang menaikkan tarif, bakal terkena sanksi, Oleh karena itu, penumpang diharapkan berhati-hati saat membeli tiket,” jelasnya.

Menurut Ketua Organda kota Solo, penjualanan tiket bus antar kota antar propinsi umumnya relatif longgar. Tidak perlu pemesanan. Lain halnya menggunakan kereta api dan pesawat yang jauh-jauh hari sudah melakukan pemesanan terlebih dahulu,
.
Puncak arus mudik lebaran nanti diperkirakan, kata Joko, tiga hari sebelum hari H. Begitu pula arus balik, diperkirakan satu hari setelah Lebaran. Meskipun aturan, puncak Lebaran pada H-7 dan H+7 Lebaran.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge