0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TNI Siap Evakuasi Warga Sekitar Gunung Raung

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Sebanyak tiga Kabupaten diperkirakan terdampak jika Gunung Raung meletus. Ketiganya meliputi Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember.

Pangdam V/ Brawijaya, Mayor Jendral Eko Wiratmoko, menyatakan tetap mewaspadai segala kemungkinan terjadi. Sepanjang Ramadan dan Lebaran, para personel TNI tetap dalam sikap waspada.

“Sudah kita rapatkan dengan BPPD Propinsi Jawa Timut. Kita siagakan kodim-kodim di Bondowoso, Banyuwangi, Jember. Kita juga sudah dirikan tenda,” kata Eko, Senin (6/7).

Walaupun ada kecenderungan kegiatan Gunung Raung sudah mulai menurun, tapi hingga sekarang anggota TNI tetap disiagakan. Dia juga siap mengerahkan pasukan di sekitarnya jika nantinya diperlukan.

“Kan tidak tahu namanya gunung, semua berharap aktivitasnya menurun. Apalagi kawah dalam posisi terbuka, yang memungkinkan adanya bahaya lahar dingin,” ujar Eko.

Menurut Eko, jika situasi memburuk, maka pasukan paling dekat bakal digerakkan buat membantu adalah Kodim 0825 di Banyuwangi. Jika dibutuhkan tambahan, akan dikerahkan pasukan dari wilayah lainnya.

Tiga Kabupaten yakni Bondowoso, Banyuwangi dan Jember berpotensi menjadi area terdampak erupsi gunung setinggi 3.332 mdpl itu. Sebanyak lima Kecamatan dan 18 desa berada di Kabupaten Banyuwangi, sebanyak dua kecamatan dan empat desa di Kabupaten Bondowoso, serta satu kecamatan dan tiga desa di Kabupaten Jember.

Ada 139.383 jiwa yang masuk dalam rencana kontigensi. Dengan rincian Kabupaten Banyuwangi sebanyak 115.878 jiwa, Kabupaten Bondowoso sebanyak 1.836 jiwa, dan Kabupaten Jember sebanyak 21.668 jiwa. Eko mengimbau masyarakat di sekitar kawasan tetap tenang tetapi juga waspada.

[ary]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge