0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pakai Mobdin, BBM Tanggungjawab Pribadi‪

timlo.net/nanang

Mobil Dinas

Karanganyar – Meski memberikan ijin menggunakan mobil dinas untuk mudik bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Karanganyar, namun Bahan bakar Minyak (BBM) selama perjalanan mudik ditanggung secara mandiri oleh pemakai.

“Bahan bakar menjadi tanggungjawab pribadi masing-masing pemakai,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono, Senin (5/7).

Bupati mengatakan para PNS yang menggunakan kendaraan dinas harus mematuhi aturan yang diterapkan. Salah satunya adalah tidak boleh menggunakan uang negara untuk membiayai perjalanan mudik mereka. Selain itu pengguna mobil dinas itu juga harus bertanggungjawab atas keselamatan dan keamanan kendaraan dinas yang mereka bawa.

“Yang penting pengguna harus hati-hati dan menjaga mobil itu layaknya mobil pribadi mereka masing-masing,” ucapnya ketika ditemui wartawan.

Menurutnya tanggung jawab penuh itu penting dilakukan bagi masing-masing PNS yang membawa mobil dinas. Sebab, meski kendaraan dinas itu merupakan fasilitas bagi pejabat, namun dengan bagaimanapun kendaraan itu merupakan milik negara dan harus dijaga.

“Intinya fasilitas negara adalah milik rakyat jadi harus dijaga sebaik-baiknya,” kata Bupati.

Saat ini, kata Juliyatmono, Kabupaten Karanganyar belum memiliki lokasi parkir yang luas untuk menampung kendaraan dinas para pejabat yang ada. Jika mobil diparkirkan di tempat terbuka, dikhawatirkan justru bisa menimbulkan kerusakan dan resiko hilang akibat dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Selain itu alasan lain karena para pejabat yang ada sebagian besar merupakan warga Karanganyar. Dengan kata lain kendaraan dinas yang ada tidak digunakan untuk mudik ke lokasi yang jauh-jauh dari Bumi Intan pari.

“Kalau dibawa pulang, justru kendaraan akan lebih terpelihara dibandingkan jika ditempatkan di lokasi terbuka yang ada di Karanganyar,” tegasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge