0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

CCTV Dishubkominfo Karanganyar Beroperasi H-5 Lebaran

timlo.net/nanang

Ruang Operator CCTV Karanganyar

Karanganyar — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar tidak mengoperasikan kamera Closed Circuit Television (CCTV) untuk memantau arus lalu lintas di Karanganyar. Hal itu dilakukan karena biaya untuk mengoperasikan kamera tersebut cukup tinggi. Sejumlah ruas jalan seperti Colomadu, Tasikmadu, Palur dan juga Karanganyar Kota terpasang alat itu namun tidak dioperasikan secara kontinyu. Rencananya H-5 Lebaran baru beroperasi.

“Kita punya alatnya, namun tidak kami operasikan sementara waktu, itu semua karena minimnya anggaran yang kita miliki,” kata Kepala Dishubkominfo Karanganyar Agus Cipto Waluyo kepada wartawan, Senin (6/7).

Selain minimnya anggaran yang kita punyai untuk mengoperasikan alat tersebut, sumber daya manusia untuk mengoperasikan juga terbatas. Padahal pengoperasian kamera tersebut harus bisa kontinyu dan bahkan nonstop 24 jam.

“Petugas juga harus punya keahlian khusus kami juga minim untuk itu,” jelasnya.

Meski jarang dioperasikan, pihaknya mengaku pada arus mudik dan arus balik lebaran mendatang kamera CCTV itu bakal dioperasikan untuk memantau lalu lintas. Nantinya akan dilakukan uji coba terlebih dahulu sebelum benar-benar dioperasikan pada H-5 lebaran mendatang. Harapanya alat yang ada tidak mengalami masalah saat hendak digunakan.

Menurutnya CCTV tersebut bakal terintegrasi dengan Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Karanganyar. Setiap hasil pantauan yang didapatkan dari CCTV tersebut, nantinya juga akan dilaporkan melalui radio agar bisa diketahui oleh masyarakat dengan cepat. Tidak hanya itu ke depannya ia juga berusaha agar CCTV itu bisa diakses secara langsung oleh masyarakat dengan menggunakan telephone seluler.

“Kita akan operasikan CCTV dan juga menyiapkan sejumlah petugas yang ada di lapangan untuk melaporkan kondisi arus lalu lintas saat arus mudik dan balik lebaran berlangsung,” tegasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge