0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Telat Uji KIR, 780 Angkutan Umum dan Barang Disurati

timlo.net/nanang

Uji KIR

Karanganyar — Sebanyak 780 pemilik armada angkutan umum dan barang disemprit lantaran uji kelayakan jalan (KIR) sudah hampir habis. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar meminta armada tersebut melakukan uji KIR ulang sebelum digunakan mengangkut pemudik Lebaran.

“Kami sudah melayangkan sistem pemberitahuan tertulis kepada pemilik armada tersebut Isinya mengingatkan pemilik kendaraan supaya menjalani uji kembali. Karena masa KIR-nya sudah hampir habis,” kata Kepala Dishubkominfo Karanganyar, Agus Cipto Waluyo didampingi Kasie Teknik dan Prasarana Bambang Eko Suharsono kepada wartawan, Senin (6/7).

Uji kelayakan jalan tersebut penting untuk memastikan armada siap digunakan. Terlebih bagi kendaraan angkutan umum yang akan mengangkut pemudik. Peringatan sudah dilayangkan sejak tiga bulan terakhir untuk segera memenuhi kewajibannya.

”Selama kami surati, responsnya cukup bagus. Mereka langsung memenuhi undangan uji KIR ulang. Sebelumnya, mereka sering terlambat menguji KIR karena lupa jadwal rutin tiap enam bulan sekali,” imbuhnya.

Dia menambahkan, konsekuensi bagi armada yang belum memperbarui uji KIR, tak diperbolehkan beroperasi. Begitu pun armada yang hendak digunakan untuk angkutan lebaran. Tercatat sebanyak 6 ribu kendaraan wajib uji di Karanganyar, baik itu jenis angkutan barang maupun orang.

”Uji KIR untuk memenuhi dokumen resmi laik jalan, pemilik juga diwajibkan menjaga kondisi armadanya. Seperti perangkat segitiga pengaman, tabung pemadan kebakaran, alat pemukul kaca dan kotak P3K,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge