0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Piala Dunia Sepakbola Wanita

Gelar Piala Dunia Ketiga Bagi AS

merdeka.com

Amerika Serikat Juara Piala Dunia Wanita 2015

Timlo.net — Amerika Serikat (AS) menambah gelar Piala Dunia wanita untuk ketiga kalinya, usai menjuarai edisi Kanada 2015. Di final, AS menang meyakinkan atas Jepang 5-2 di BC Place, Vancouver, Kanada, Senin (6/7) pagi.

Penyerang andalan AS, Lloyd langsung mencetak gol pertama saat laga belum berjalan dua menit. Memanfaatkan sepak pojok Megan Rapinoe untuk menaklukkan kiper Jepang, Ayumi Kaihori. 1-0 untuk negeri Paman Sam.

Hanya berselang dua menit, Lloyd kembali menjebol gawang Jepang. Diawali sebuah situasi set-piece, dia mencocor bola dari jarak dekat untuk membawa AS memimpin 2-0.

Memasuki menit ke-14, AS menambah keunggulannya menjadi 3-0. Kegagalan Azusa Iwashimizu membuang bola dengan sempurna berhasil dimaksimalkan oleh Lauren Holiday. Tembakan voli Holiday membuat gawang Jepang kembali jebol.

Lloyd melengkapi hat-trick-nya melalui sebuah gol spektakuler pada menit ke-16. Menguasai bola di wilayahnya sendiri, dia melihat Kaihori terlalu jauh meninggalkan gawang. Pemain bernomor punggung 10 itu kemudian melepaskan tembakan dari garis tengah, yang tak bisa diantisipasi Kaihori dan mengubah skor menjadi 4-0. AS benar-benar di atas Jepang.

Jepang memperkecil ketertinggalan menjadi 1-4 pada menit ke-27. Tendangan Yuki Ogimi tak bisa dibendung kiper AS, Hope Solo. Memasuki menit ke-52, Jepang kembali memperpendek ketertinggalan menjadi 2-4 setelah Julie Johnston membuat gol bunuh diri. Namun Heath akhirnya mengunci kemenangan AS menjadi 5-2, memaksimalkan umpan dari Morgan Brian untuk memantapkan kemenangan timnya.

Bagi AS, ini adalah gelar ketiga mereka di ajang Piala Dunia Wanita setelah dua gelar sebelumnya pada tahun 1991 dan 1999. Mereka pun menjadi tim tersukses di ajang ini, mengungguli Jerman yang baru mengoleksi dua gelar. Kemenangan tahun ini juga menjadi revans bagi AS setelah empat tahun lalu mereka dikalahkan Jepang dalam adu penalti di final.

 

Susunan Pemain

Amerika Serikat :

Solo, Krieger, Johnston, Sauerbrunn, Klingenberg, Holiday, Brian, Heath (Wambach 79′), Rapinoe (O’Hara 61′), Morgan (Rampone 86′), Lloyd

 

Jepang :

Kaihori, Ariyoshi, Iwashimizu (Sawa 33′), Kumagai, Sameshima, Sakaguchi, Utsugi, Kawasumi (Sugasawa 39′), Miyama, Ohno (Iwabuchi 60′), Ogimi

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge