0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Analisa Marzuki Alie Tak Dapat Posisi di Pengurus Demokrat

dok.merdeka.com

Gede Pasek Suardika

Timlo.net – Skenario Marzuki Alie yang melawan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) seperti di Kongres Luar Biasa (KLB) gagal terjadi di kongres Surabaya. Politisi Gede Pasek Suardika menceritakan, SBY sempat mengirim SMS kepada Marzuki karena ketahuan mengumpulkan massa untuk maju di KLB Bali.

Ternyata SMS itu berjalan sesuai rencana. Dengan bargaining, Marzuki dapat tempat sebagai wakil ketua majelis tinggi partai.

“Waktu itu Marzuki Alie masih kumpulkan pendukungnya di Ancol sebelum ke Bali. Yang mana sempat buat SBY murka dengan kirim SMS. Tapi murka itu berbuah bargaining dengan posisi Marzuki Alie sebagai wakil ketua Majelis Tinggi Demokrat. Itu terjadi karena posisi SBY belum aman untuk aklamasi,” kata Pasek melalui akun Twitternya, @G_paseksuardika, Senin (6/7).

Namun Pasek menyatakan, peristiwa KLB Bali dan Kongres ke-IV Demokrat di Surabaya jauh berbeda. Saat di Surabaya, Pasek menekankan, SBY sudah didukung dari semua lini termasuk diamankan melalui tata tertib pemilihan calon ketua umum yang dibuat oleh Syarief Hasan dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Menurut dia, kekuatan SBY saat di KLB belum kuat sehingga ada bargaining untuk mengamankan perlawanan Marzuki Alie. Akan tetapi, di Kongres Surabaya kekuatan SBY absolut, sehingga tidak mungkin ada lagi bargaining kepada Marzuki seperti di KLB dulu.

Loyalis Anas Urbaningrum ini pun tampak heran dengan sikap Marzuki yang tidak benar-benar melawan SBY tapi malah mendukung di menit terakhir. Hal ini yang menjadikan dirinya harus melawan sendiri SBY dan berakibat Marzuki tak dapat tempat di kepengurusan yang baru.

“Jangan harap ada bargaining politik dalam sebuah kekuasaan yang sudah absolut. Saya kira itu teori politik sejak zaman purba yang masih relevan berlaku,” tutur mantan politikus Demokrat ini.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge