0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tips Tetap Prima, Mudik Gunakan Roda Dua

dok.merdeka.com
Pemudik menggunakan sepeda motor (dok.merdeka.com)

Solo — Sebagian besar pemudik diprediksi menggunakan sarana sepeda motor untuk pulang ke kampung halaman mereka. Selain dinilai cukup efisien, menggunakan sepeda motor juga terbebas dari kemacetan yang panjang dan melelahkan. Meski begitu, pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor perlu ekstra waspada dan selalu memperhatikan kondisi fisik serta kesiapan kendaraan yang mereka tunggangi. Terlebih, mereka menggunakan kendaraan untuk berboncengan.

“Boleh-boleh saja, pemudik menggunakan kendaraan sepeda motor tapi harus disertai dengan kesiapan fisik pengendara dan mtor tunggangannya,” terang Dokter Felix Admaja saat berbincang dengan Timlo.net di Kampoeng Ikan Lorin Hotel Solo, Minggu (5/7) petang.

Pria yang juga anggota dari Komunitas Motor Gede Medical Docters (MedDocs) ini mengungkapkan, hendaknya pemilik kendaraan melakukan pengecekan mesin secara rutin dan berkala sebelum menggunakan kendaraannya. Baik dari kesehatan mesin, kaki kaki motor, serta komponen transfer tenaga (gear dan rantai-red). Tak hanya itu, pemudik yang menggunakan motor hendaknya sudah menyiapkan stamina mereka sejak saat ini. Supaya, saat digunakan untuk perjalanan jauh tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

“Jika menggunakan sepeda motor, hendaknya pemudik telah menyiapkan kondisi fisik serta kendaraan mulai saat ini,” terang pria yang bekerja sebagai dokter umum tersebut.

Dirinya menghimbau, supaya pemudik saat melakukan mudik lebaran nanti tidak terburu nafsu untuk segera sampai ketempat tujuan. Hendaknya, pemudik tiap dua jam sekali menginstirahatkan tubuh meski hanya 10-20 menit. Jika hal ini dilakukan, maka kondisi tubuh akan terjaga dan perjalanan akan aman dan menyenangkan.

“Intinya, jangan terburu-buru. Terlebih main selap selip kiri maupun kanan. Pengendara sepeda motor juga diharapkan tiap dua jam sekali berinstirahat meski hanya sejenak. Supaya, konsentrasi berkendara terus terjaga dan kondisi tubuh tetap prima untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge