0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ramadan dan Kebangsaan Dalam Puisi

timlo.net/nanin

Pentas sedulur sapat yang digambarkan sebagai kehidupan manusia dalam lakon Ramadan Dan Kebangsaan Dalam Puisi

Boyolali — Geguritan dengan iringan gending jawa, mengawali pementasan bertajuk Ramadan dan Kebangsaan dalam Puisi  oleh Komunitas Ketholeng di Gedung Panti Marhen, Sabtu (05/7) malam. Sejumlah penyair dari berbagai daerah juga turut serta dalam pementasan tersebut.

Digawangi anggota DPRD, Ribut Budi Santoso, pementasan diawali dengan munculnya empat tokoh yang digambarkan sebagai sedulur papat. Mereka mengenakan jubah merah sebagai getih, hitam perlambang kakang kawah, putih sebagai adi ari-ari, dan kuning representasi puser atau pusar. Keempat tokoh tersebut bertarung dalam puisi berbahasa jawa. Sebagai simbol unsur kehidupan manusia yang dipenuhi dengan angkara murka.

Keempatnya menjadi penanda, jika manusia bukan pandita ataupun buto. Manusia adalah bentuk kesempurnaan hidup, merah amarah atau putih yang tekun bersabar menjadi unsur hidup, bukan saling metiadakan. Kehidupan digambarkan sebagai bentuk kemerdekaan.

Selain pementasan Kelompok Ketholeng, ada puluhan penyair yang ikut serta didalamnya. Para penyair ini tidak hanya berasal dari Boyolali, namun juga dari luar daerah, seperti Magelang, Solo, Jogjakarta dan Surabaya. Tidak hanya itu, siswa SD, SMP dan SMA, juga turut dalam pementasan membacakan puisi dan geguritan. Karya puisi sendiri hingga puisi karya sekaliber Taufik Ismail dan WS Rendra.

Tokoh masyarakat Boyolali, Seno Kusumoarjo dalam epilognya mengatakan, acara ini menjadi sebuah perenungan spiritual mencari hakekat hidup, baik sebagai individu ataupun sebagai entitas kebangsaan.  Pementasan ini juga mengajak masyarakat untuk menengok spiritualis manusia melalui puisi dan geguritan.

“Malam ini kita bersepakat, pementasan tadi sebagai bekal menjadi petarung hidup agar tak menjadi pecundang,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge