0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tugas Dijalankan Dengan Ikhlas, Diberi Banyak Kemudahan

timlo.net/achmad khalik

Kasubag Humas Polresta Solo, AKP Yuliantara P

Solo — Tugas dan kewajiban sebagai seorang anggota Polri dijalani dengan penuh dedikasi tinggi. Tak pernah mengeluh meski kerapkali ditugaskan mengatasi masalah rumit. Itulah sosok Kasubag Humas Polresta Solo, AKP Yuliantara Proriyanta.

Meski usianya telah memasuki kepala lima, namun semangat menjalankan tugas tak pernah surut. Perwira pertama yang telah menduduki tujuh jabatan Kapolsek di kawasan hukum Polres Sukoharjo tersebut, mendasari tiap wujud tugas dan tanggung jawab dengan penuh keikhlasan. Terlebih, di Bulan Ramadan. Banyak sekali tugas yang membuat pengalamannya bertambah dan hikmah dari tugas yang pernah ia lakoni.

“Yang jelas apa yang pernah saya jalani dalam bertugas banyak memiliki arti,” jelasnya.

Selama bertugas 12 tahun di wilayah hukum Polres Sukoharjo, terdapat satu kejadian yang membuatnya berkesan. Waktu itu, dirinya bertugas sebagai Kapolsek Grogol. Peristiwa itu saat sekelompok massa melakukan aksi brutal dengan merusak sebuah cafe Waru Doyong tak jauh dari RS Dr Oen Solo Baru. Sontak, peristiwa yang sempat mengakibatkan jatuhnya korban tersebut menjadi sorotan banyak pihak.

“Saat itu juga dibulan puasa seperti saat ini. Suasananya tidak terkendali. Ratusan massa merusak kawasan tersebut. Pastinya, langsung mengundang perhatian banyak pihak,” jelasnya.

Setelah mendapat kepercayaan untuk mengemban tugas mengamankan kawasan tersebut, Yuliantara langsung bergerak cepat. Tokoh masyarakat, pimpinan ormas serta pemilik usaha langsung dikumpulkan supaya kasus tersebut tidak terus membesar.

“Syukur alhamdulillah, tugas itu saya jalankan dengan sebaik-baiknya hingga situasi keamanan dapat kembali normal,” terang Kasubbag Humas Polresta Surakarta pengganti AKP Sis Raniwati.

Apa yang dilakukan untuk memulihkan kembali situasi keamanan di tahun 2006 itu, menjadi pekerjaan yang cukup melelahkan dan banyak menyita waktu. Namun tetap dijalankan dengan rasa tulus dan ikhlas.

Di tengah kesibukannya tersebut tak menyurutkan Yuliantara untuk membatalkan ibadah puasa. Dan tugas yang dijalani tersebut dapat berjalan dengan mudah.

“Selalu mensyukuri apa yang telah dikerjakan sebagai ibadah,” kata Yuliantara

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge