0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puasa, PMI Buka Donor Darah Malam Hari

foto: Nanin

ilustrasi

Boyolali – Mengantisipasi krisis darah selama puasa dan lebaran, PMI Boyolali membuka layanan donor darah di malam hari. Langkah ini dilakukan, menyusul pendonor di siang hari selama puasa mengalami penurunan.

“Kalau tidak diantisipasi sejak sekarang, khawatirnya stok darah akan menipis. Sementara kebutuhan sangat tinggi,” kata Ketua PMI Boyolali, Dr Syamsudin, Sabtu (4/7).

Selain membuka layanan donor darah malam hari, pihaknya juga menjalin koordinasi dengan PMI di seluruh wilayah Soloraya. Dengan demikian, jika terjadi kekurangan darah maka dapat dipenuhi dari cabang PMI lainnya. Sebaliknya, PMI Boyolali juga siap untuk mengirimkan darah yang dibutuhkan cabang lainnya.

“Stok darah hingga saat ini masih aman,” tambahnya.

Disamping itu, PMI juga mengunakan sistim on call bagi pendonor bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Saat ini sudah ada 400-an pendonor yang siap menyumbangkan darahnya bila dibutuhkan segera.

Sementara menyambut arus mudik dan arus balik lebaran, pihaknya juga sudah menyiapkan jajarannya. Sejumlah petugas serta mobil ambulans akan disebarkan di lima pospam untuk bertugas mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Stok darah di PMI saat ini, golongan darah A sebanyak 109 kantong, Golongan darah B sebanyak 118 kantong, Golongan darah O sebanyak 96 kantong dan AB sebanyak 13 kantong.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge