0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Capim KPK Tahap Pertama Diumumkan

dok.merdeka.com

Tim Pansel Pimpinan KPK

Timlo.net – Pendaftar Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diumumkan. Dari total jumlah pendaftar 611 orang, berhasil terjaring 194 orang dinyatakan lulus seleksi tahap pertama.

Berbagai profesi para peserta yang berhasil lolos seleksi administrasi itu, di antaranya terdiri dari 46 orang advokat, 31 orang dari kalangan swasta maupun BUMN, 28 orang dosen, 23 orang penegak hukum seperti Polisi, Jaksa dan Hakim, 10 orang auditor, serta 4 orang dari lembaga KPK itu sendiri.

“Kebanyakan dari mereka rata-rata berpendidikan S2 sekitar 46 persen, S3 sekitar 24,8, dan sisanya dari jenjang S1. Selain itu, dari total 194 orang yang lolos, ada 23 orang perempuan yang termasuk di dalamnya,” ujar Ketua Tim Pansel Capim KPK, Destry Damayanti, Sabtu (4/7).

Destry mengatakan, asal daerah dari peserta yang lolos tahap seleksi administrasi ini, memang didominasi dari wilayah Jakarta. Namun, ternyata respons dari sebagian besar wilayah di Indonesia pun cukup antusias, dalam berkompetisi di tahap demi tahap seleksi Capim KPK ini.

“Untuk peserta yang lolos, terbanyak itu dari Jakarta sekitar 31 persen, dari Pulau Jawa (di luar Jakarta) sekitar 51 persen, sementara sisanya menyebar dari Sumatera (termasuk Aceh), Sulawesi, Kalimantan, Maluku, NTB, NTT dan bahkan Papua,” ujar Destry.

“Bahkan ada 1 orang dari Washingtong DC ikut melamar, dan lolos seleksi tahap pertama ini. Jadi dia itu orang Indonesia yang sudah lama kerja di sana, dan bergelut di kegiatan pemberantasan korupsi juga di Amerika,” pungkasnya.

Diketahui, dari sejumlah nama-nama peserta Capim KPK yang lolos, ada beberapa nama yang sudah cukup akrab di telinga publik, seperti Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji, Prof., DR. Jimly Asshiddiqie, serta Johan Budi Sapto Pribowo S.T.

Nantinya, ke 194 peserta yang lolos tahap pertama seleksi administrasi ini, akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu Tes Objektif dan Seleksi Pembuatan Makalah, yang akan digelar pada 8 Juli mendatang, di Pusdiklat Kemensesneg kawasan Cipete, Jakarta Selatan.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge