0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Arus Mudik di Wonogiri Dipantau Sejumlah CCTV

dok.timlo.net/aris arianto
Sejumlah bus AKAP memasuki terminal Selogiri, Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri memasang sejumlah closed-circuit television (CCTV).

“CCTV tersebut tidak hanya berfungsi untuk kepentingan keamanan saja, namun difungsikan pula untuk memantau situasi, seperti kemacetan atau kejadian lainnya, sehingga kalau terjadi sesuatu bisa segera diketahui dan dicarikan solusinya,’’ ujar Kepala Dishubkominfo Wonogiri, Ismiyanto, Jumat (3/7).

Dijelaskan, CCTV tersebut ada delapan unit dan dipasang di beberapa titik. Seperti di dalam Terminal Giri Adipura sebanyak empat unit, di perempatan Krisak menuju pintu masuk terminal dua unit, dan di perempatan Ponten sebanyak dua unit.

“Kami sedang berupaya menambah dua unit lagi untuk dipasang di tempat parkir dan tempat naik turun penumpang di komplek Terminal Giri Adipura,’’ katanya.

Tak hanya CCTV, kata Ismiyanto, pihaknya juga memasang hotspot free di seluruh kantor kecamatan yang ada di Wonogiri (25 kecamatan), di Alun-alun Giri Kridha Bhakti depan Kantor Bupati Wonogiri, dan di Terminal Giri Adipura.

“Untuk fasillitas hotspot free mulai difungsikan ketika perkantoran libur nasional,’’ jelasnya.

Ismiyanto menambahkan, jumlah pemudik Lebaran tahun ini diprediksi naik 5% atau sebanyak 39.801 orang dibandingkan tahun lalu yakni 37.906 orang. Kenaikan itu disebabkan karena Lebaran tahun ini bersamaan dengan libur panjang sekolah. Semua pemudik yang masuk di Wonogiri akan dipusatkan di Terminal Giri Adipura di Selogiri.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge