0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Arus Mudik, Solo Tambah CCTV di Jalan

dok.timlo.net/heru murdhani
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Sudrajad (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo memprediksi jumlah kendaraan yang akan memasuki Kota Bengawan akan mengalami peningkatan pada libur Lebaran tahun ini. Kenaikan tersebut mencapai 10 persen atau sekitar 8,5 juta kendaraan dibandingkan tahun lalu yang berkiasar 7 juta hingga 7,5 juta kendaraan.

“Kenaikan ini dipicu banyaknya kendaraan pribadi yang akan digunakan sebagai alat transportasi yang digunakan masyarakat. Justru untuk penggunaan bus kami perkirakan turun,” ungkap Kepala Dishubkominfo Solo Yosca Herman Sudradjad, Jumat (3/7).

Untuk mengatasi kenaikan tersebut, Yosca mengatakan pihaknya akan mengoptimalkan kerja Traffic Control System yang ada di Kantor Dishubkominfo  Solo. Sistem ini berfungsi untuk mengatur cepat-lambatnya
countdown (hitung mundur) di sejumlah lampu merah. Sistem ini dianggap efektif untuk mendampingi petugas yang mengatur lalulintas di jalan raya.

Yosca mengatakan, Dishubkominfo juga melakukan penambahan sejumlah close circuit television (CCTV) untuk memantau arus lalulintas. Dengan penambahan ini, total jumlah CCTV yang tersebar di simpang empat berjumlah 35 buah.

“Kita akan menambah tiga kamera CCTV di persimpangan jalan. Yakni di kawasan Ngemplak, Girimulyo dan Jalan Veteran. Ketiga persimpangan ini rawan macet,” terang Yosca.

Selain penambahan CCTV, Yosca juga memberlakukan petugas pengamanan hingga 3 shift. Pengamanan yang biasanya dilakukan hingga pukul 21.00 WIB akan ditambah ekstra time time menjadi pukul 24.00 WIB.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge