0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Heru S Notonegoro : Kejari Wonogiri Pengecut

timlo.net/tarmuji

Sidang pra peradilan kasus korupsi PD BKK Eromoko

Wonogiri — Sidang praperadilan tahap kedua kasus korupsi PD BKK Eromoko cabang Bulukerto dengan tersangka Tri Wahono ditunda. Hal itu membuat kuasa hukum tersangka Tri Wahono, yakni Heru S Notonegoro, gusar. Bahkan, dia menyayangkan langkah Kejari Wonogiri yang mempercepat penyerahan berkas tersangka korupsi ke Pengadilan Tipikor Semarang.

“Meskipun secara yuridis apa yang dilakukan oleh kejaksaan itu dibenarkan, namun langkah jaksa mempercepat proses pelimpahan berkas tersebut menunjukan sikap yang tidak gentle dan pengecut,” ungkap Heru saat dijumpai wartawan usai persidangan, Kamis (2/7).

Pihaknya juga menuding pihak termohon (Kejari Wonogiri-Red) tidak berani berhadapan dengan kliennya.

”Jika benar-benar Kejari berani, semua akan diuji dipersidangan. Kalau memang merasa benar, jangan menghindar, ya kalau mau saya ayo tarung sampai mati,” katanya.

Menurutnya, sikap ini menunjukkan jaksa sebagai aparat penegak hukum tidak mau dikontrol kesalahannya oleh masyarakat pencari keadilan, seperti Tri Wahono. Meski kejaksaan telah mengedepankan prinsip akuntabilitas.

Wong KPK saja yang orang-orangnya kredible masih bisa salah kok,” ujarnya.

Dengan sikap yang sengaja menghindari proses praperadilan tersebut, dia menilai, merupakan langkah licik yang sengaja merampas atau menghilangkan hak-hak konstitusional Tri Wahono. Padahal sebagai warga negera, memilik hak untuk mendapatkan perlindungan hukum, kepastian hukum dan keadilan.

“Apa yang dilakukan ini sangat bertentangan dengan prinsip-prinsip HAM yang seharusnya dijunjung tinggi oleh Jaksa sebagai salah satu penyelenggara negara,” imbuhnya.

Terpisah, Kasi Pidsus M Naimullah mengungkapkan akan berkoordinasi dengan tim Kejaksaan untuk meminta salinan atau register ke Pengadilan Tipikor Semarang.

“Kami akan berusaha penuhi permintaan termohon, ” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge