0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tukar Uang  Pecahan Baru, Mobil Keliling Diserbu Warga

timlo.net/nanang

Mobil Kas BI diserbu warga untuk menukarkan uang baru

Karanganyar — Mobil kas keliling unit penukaran uang milik Bank Indonesia (BI) diserbu warga saat melayani masyarakat di kantor Setda Karanganyar, Kamis (2/7). Antrean cukup panjang, tak hanya dari kalangan PNS, tapi juga masyarakat umum. Mayoritas dari mereka, ingin menukarkan uang pecahan baru untuk persiapan lebaran.

“Mobil ini memberikan pelayanan kepada masyarakat yang tidak sempat datang ke kantor Bank,” kata Sugiyanta, salah satu petugas BI yang ditemui wartawan di mobil kas keliling, Kamis (2/7).

Total BI punya dua mobil kas pelayanan penukaran uang ini rutin setiap tanggal muda. Jelang Lebaran saat ini, penukaran uang semakin ramai. Antusias masyarakat meningkat dibanding hari biasa. Mereka biasanya menukar uang pecahan besar dengan pecahan kecil. Kebanyakan untuk memenuhi kebutuhan uang fitrah yang biasa diberikan ke kerabat.

”Ada pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu dan Rp 2 ribu. Baru beberapa jam dibuka langsung habis, tinggal pecahan Rp 2 ribuan yang tersisa,” terang Sugiyanta.

Untuk menukar, masyarakat tidak perlu menunjukkan fotokopy KTP seperti saat di Bank. Penukar tinggal menunjukkan uang yang akan ditukar.

Suyatmin salah satu PNS mengaku menukarkan uangnya dengan pecahan baru sebanyak Rp 2 juta. Dia menukar uang untuk diberikan ke keponakan saat Lebaran nanti.

”Ini nanti untuk keponakan-keponakan, juga anak-anak kecil di sekitar,” katanya.

Senada diungkapkan, Siti Nuryati, PNS lain. Dia bahkan menukarkan uang senilai Rp 3,7 juta. Dengan pecahannya Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu dan Rp 2 ribu. Sebelumnya, dia biasa menukarkan uangnya di kantor BI di Solo.

”Tahun lalu saya tukarnya lewat BI. Karena antreannya ramai, menunggu mobil keliling saja,” terang PNS yang bertugas di Setda Karanganyar itu.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge