0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendaki Dilarang Naik Puncak Gunung Raung

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Para pendaki dilarang naik ke ke puncak Gunung Raung sementara waktu. Status gunung dengan ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini masih siaga.

“Tidak boleh ada pendakian hingga ke puncak karena berbahaya seiring dengan peningkatan aktivitas Gunung Raung,” kata Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gede Swastika, Kamis (2/7).

Karena status Gunung raung kini mencapai Level III (siaga), Gede menyatakan masyarakat dan pendaki tidak diperbolehkan mendekati kawah di puncak Raung dalam radius tiga kilometer dari pusat kawah aktif.

“Gempa tremor meningkat terus dengan amplitudo rata-rata 21 milimeter, sehingga dikhawatirkan terjadi letusan abu dan lontaran material pijar di kawah puncak,” lanjut Gede.

Rekomendasi batas aman itu, lanjut Gede, akan disampaikan ke sejumlah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di wilayah yang terdampak antara lain Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

“Kami berharap tidak ada pendaki yang nekat ke puncak Raung karena sangat berbahaya,” tambah Gede.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Mahmud Rizal mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada warga di lereng gunung tidak mendekat puncak Gunung Raung dengan radius 3 km.

“Kami sudah sosialisasikan peningkatan status Gunung Raung itu kepada 14 desa yang tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sumberjambe, Silo, dan Ledokombo yang merupakan daerah terdampak erupsi gunung yang memiliki kaldera terluas itu,” kata Mahmud.

BPBD Jember, lanjut Mahmud, terus melakukan pemantauan aktivitas gunung dan berkoordinasi dengan petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

“Hari ini, BPBD Jatim melakukan rapat koordinasi terkait dengan peningkatan status Gunung Raung dengan tiga BPBD yakni Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi,” ujar Mahmud.

PVMBG menaikkan status Gunung Raung dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III) sejak Senin (29/6) pukul 09.00 WIB. Gunung Raung juga pernah mencapai status siaga pada 22 Oktober 2012.

[ary]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge