0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

63 Jenazah Korban Hercules C-130 Sudah Dipulangkan

dok.merdeka.com

kecelakaan Hercules C-130

Timlo.net – Jumlah korban Hercules C-130 yang sudah teridentifikasi sebanyak 63 jenazah. Seluruhnya sudah diserahkan kepada pihak keluarga.

“Dari 142 kantung yang kita terima, sudah teridentifikasi 63 jenazah. Proses masih berlanjut di kamar jenazah. Saat ini masih running diidentifikasi 10 jenazah,” kata Kepala Pusdokkes Mabes Polri Arthur Tompi, Kamis (2/6).

Sesuai prosedur, identifikasi itu didasarkan pada data primer dan data sekunder. Data primer berupa sidik jari, rekam gigi, dan DNA.

“Satu saja positif kita nyatakan teridentifikasi. Sedangkan identifikasi sekunder itu termasuk properti, cincin, kalung, ikat pinggang, juga tanda-tanda khusus yang didapat dalam pengambilan data antemortem, seperti tanda lahir, cacat. Jika diperlukan data primer 1, maka sekunder harus dua,” jelas Arthur.

Arthur membantah mengenai keluarga korban yang mengeluh lambatnya proses identifikasi dan pemulangan jenazah.

“Memang kalau keluarga sudah mengenali hal ini tentu sangat membantu proses identifikasi,” sambung Arthur.

Dia juga membantah proses identifikasi ini lebih diprioritaskan pada personel militer. Menurut dia, personel TNI cepat teridentifikasi karena lebih mudah dikenali dari seragam dan sudah ada rekam medisnya.

Dalam konferensi pers itu, Arthur menambahkan, mulai sore dan besok, proses identifikasi akan mengalami perlambatan.

“Karena sulit mengenali korban. Postur, wajah properti sudah sulit. Jika tidak memungkinkan akan menggunakan tes DNA,” ujarnya.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge