0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa UTP Bisa Kuliah di UNS

dok.timlo.net/humas utp
Kerjasama UTP dan UNS (dok.timlo.net/humas utp)

Solo — Mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta nantinya akan bisa merasakan kuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Hal ini berlaku setelah penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara UNS dan UTP, Selasa (30/6). Demikian rilis Humas UTP Joko Rianto yang diterima Timlo.net, Kamis (1/7).

Rektor UTP  Ongko Cahyono mengemukakan, kerjasama pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut meliputi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Penandatanganan kerjasama adalah bentuk legal MoU, dimana untuk kegiatan selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan pembuatan perjanjian tersendiri, terutama dengan fakultas-fakultas untuk mewujudkan kerjasama,” terang Ongko.

Rektor UNS Ravik Karsidi menerangkan, setelah penandatanganan MoU akan diikuti kerja sama teknis antar fakultas yang ada di UNS dan UTP. Bisa saja, kata Ravik, nantinya  mahasiswa UTP kuliah di UNS melalui kredit transfer. Misalnya selama satu atau dua semester. Nantinya satuan kredit semsester (SKS) yang diambil mahasiswa UTP ketika di UNS juga diakui di UTP.

“Jadi nanti mahasiswa UTP bisa merasakan bagaimana kuliah di UNS”, ujar Ravik yang disambut tepuk tangan ratusan mahasiswa yang hadir.

Wujud kerjasama lainya, kata Ravik, yaitu penyelenggaraan kuliah kerja nyata (KKN) secara bersama-sama antara UNS dan UTP. Dengan adanya KKN bersama ini nantinya diharapkan akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Selain KKN, dan pertukaran mahasiswa sistem kredit transfer, wujud kerja sama lainnya yang akan dijalin yaitu kerjasama penelitian antara peneliti lembaga penelitian UNS dan UTP. Nantinya UTP juga akan mendorong dosen-dosen UTP untuk melanjutkan  study di UNS dengan memanfaatkan program beasiswa yang ditawarkan UNS. (*)

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge