0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DKK Solo Sita Makanan Mengandung Pewarna Tekstil

Ilustrasi Tim Sidak pantau makanan yang dijual di pusat perbelanjaan (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Tim Inspeksi Mendadak (Sidak) dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo menemukan sejumlah makanan yang mengandung bahan pewarna tekstil di beberapa distributor makanan dan supermarket di Kota Bengawan. Sidak ini digelar untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang hendak berbelanja keperluan lebaran.

“Setelah kami uji laboratorium, dari beberapa sampel makanan memang terdapat bahan pewarna non makanan yakni Rhodamin B. Makanan yang positif menggunakan bahan pewarna non makanan ini kami lakukan penyitaan dan pemusnahan,” ungkap Ketua Tim Sidak, Anom Yuliansyah, Kamis (2/7).

Selain menemukan makanan dengan pewarna tekstil, dalam Sidak yang digelar bekerjasama dengan Polresta Solo ini juga menemukan makanan kadaluwarsa dan makanan kemasan tanpa identitas. Selain makanan, tim juga menemukan produk minuman yang tidak sesuai dengan label yang tertera dan peruntukannya.

Mengenai hasil inspeksi ini, Anom meminta kepada para pedagang untuk jeli dalam memilih barang dagangan mereka. Sebab, dampak dari makanan ini akan sangat berbahaya bagi masyarakat.

“DKK melakukan pembinaan terhadap pedagang nakal seperti ini, sehingga masyarakat terlindungi dari ancaman makanan berbahaya,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge