0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rektor UNS: Tema KKN Berbasis Lokasi

Rektor UNS Ravik Karsidi melepas mahasiswa peserta KKN (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Ravik Karsidi menyatakan, tema yang dibawa mahasiswa dalam melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik integratif berbasis lokasi.

“Artinya sesuai kebutuhan masyarakat setempat,” jelas Ravik Karsidi, usai acara pelepasan 2.721 mahasiswa UNS yang melaksanakan Program KKN Periode Juli – Agustus 2015, di Kampus UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Kamis (2/7).

Menurut Rektor UNS, paradigma KKN tematik integratif adalah pemberdayaan masyarakarta, dimana mahasiswa diminta untuk membangkitkan partisipasi masyarakat dalam memberdayakan dirinya.

Pelaksanaan KKN tematik integratif, kata Ravik, ditujukan untuk membantu mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dipelajari secara langsung dengan teori, sehingga memberi manfaat bagi masyarakat. Selain itu, juga melatih mahasiswa belajar bersama masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan. Termasuk membantu pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni.

Adapun tema yang dipilih mahasiswa KKN, antara lain pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan  Menengah (UMKM), pengentasan kemiskinan, peningkatan ekonomi kreatif dan hortikultura, peningkatan produksi pertanian, peningkatan pendidikan dan sebagainya.

Lebih lanjut Ravik mengatakan, lokasi-lokasi yang sekarang dipakai sebagai tempati KKN dan pernah sebelumnya juga menjadi lokasi KKN, sebetulnya merupakan keberlanjutan dari program KKN sebelumnya.
“Keberlanjutan itu sampai tersolusinya masalah yang dihadapi masyarakat,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge