0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tips Sehat Selama Perjalanan Mudik

dok.merdeka.com
Arus balik pemudik motor (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Mudik selama lebaran bisa menjadi perjalanan yang berat. Alasannya karena kondisi jalanan yang ramai hingga kadang-kadang ada kemacetan yang panjang. Selain itu perjalanan ini dilakukan sementara kita berpuasa. Lantas bagaimana caranya supaya tetap sehat selama mudik?

1. Perkuat sistem imunitas tubuh

Bukti ilmiah dari manfaat suplemen untuk mencegah flu dan pilek belum terbukti, tapi tidak ada salahnya untuk tetap mengkonsumsinya untuk menjaga kesehatan, kata Phyllis Kozarsky, M.D., konsultan kesehatan wisatawan Centers for Disease Control (CDC). Dia sendiri adalah orang yang sering berwisata dan sering mengkonsumsi probiotik untuk meningkatkan kesehatan perut.

2. Siapkan benda-benda ini

Siapkan beberapa hal penting yang harus dibawa misalnya pembersih tangan (hand sanitizer), tisu anti kuman, jaket, selimut dan lain-lain.

3. Pakai kaca mata jangan soft lens

Lensa kontak bisa membuat mata kering dan rawan terkena mikroba. Memakai kaca mata membuat Anda jarang menyentuh mata.

4. Cuci tangan setelah menyentuh tempat-tempat berkuman

Contohnya adalah ATM, tempat pembelian tiket, pegangan pintu, meja dan tempat makan dan kamar mandi. “Jika tempat itu disentuh banyak orang, maka ada masalah potensial,” kata Vincent Racaniello, Ph.D, profesor mikrobiologi dan imunologi di Columbia University, dan pendiri blog tentang virus. Gunakan pembersih tangan setelah menyentuh tempat-tempat ini, dan pastikan menggunakan pembersih itu secara menyeluruh. Jika Anda tidak bisa membersihkan tangan segera, pastikan jangan menyentuh tangan, hidung dan mulut.

5. Ingat kamar mandi umum sebagai tempat berkuman

Jangan taruh tas di lantai kamar mandi. Jika memang harus, bersihkan tas segera dengan cairan anti kuman. Cuci tangan setelah menyentuh tempat-tempat di kamar mandi.

6. Istirahat selama perjalanan

Jika Anda mudik dengan menggunakan motor atau mobil pribadi, pastikan untuk berhenti untuk beristirahat sejenak (dianjurkan setiap 20 hingga 30 menit). Lakukan peregangan sebelum melanjutkan perjalanan.

Dengan mengambil istirahat secara teratur, Anda bisa mencegah sakit punggung atau penyakit lain yang dipicu oleh posisi duduk yang dalam waktu lama misalnya pembekuan darah.

Sumber: CNTraveler.com

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge